Jepang Akhiri Suku Bunga Negatif, Stop Era Kebijakan Radikal

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:19 WIB
loading...
A A A
Dengan inflasi yang telah melampaui target BOJ sebesar 2% selama lebih dari setahun, banyak pelaku pasar memperkirakan berakhirnya suku bunga negatif pada bulan Maret atau April.

Pasar sekarang fokus pada konferensi pers pascapertemuan Gubernur Kazuo Ueda untuk mendapatkan petunjuk mengenai laju kenaikan suku bunga lebih lanjut. Lonjakan imbal hasil obligasi akan meningkatkan biaya pendanaan utang publik Jepang yang sangat besar, yang berukuran dua kali lipat perekonomiannya, dan merupakan yang terbesar di antara negara-negara maju.

Berakhirnya penyedia dana murah terakhir di dunia juga dapat mengguncang pasar keuangan global karena investor Jepang, yang mengumpulkan investasi luar negeri untuk mencari imbal hasil, mengalihkan uangnya kembali ke negara asal mereka.

Di bawah Gubernur sebelumnya Haruhiko Kuroda, BOJ menerapkan program pembelian aset besar-besaran pada tahun 2013, yang awalnya bertujuan untuk meningkatkan inflasi ke target 2% dalam waktu sekitar dua tahun.
Bank sentral memperkenalkan suku bunga negatif dan YCC pada tahun 2016 karena inflasi yang rendah memaksa bank untuk mengubah program stimulusnya ke program yang lebih berkelanjutan.

Namun, ketika pelemahan tajam yen mendorong biaya impor dan meningkatkan kritik publik atas dampak buruk dari suku bunga Jepang yang sangat rendah, BOJ tahun lalu mengubah YCC untuk melonggarkan cengkeramannya pada suku bunga jangka panjang.
(fjo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2462 seconds (0.1#10.140)