Tekanan Global Berkurang, Rupiah Berpeluang untuk Menguat

Selasa, 16 Oktober 2018 - 09:25 WIB
Tekanan Global Berkurang, Rupiah Berpeluang untuk Menguat
Tekanan Global Berkurang, Rupiah Berpeluang untuk Menguat
A A A
JAKARTA - Pergerakan rupiah yang stagnan belum mengubah arah target perkiraan dari rupiah selanjutnya. Namun, berkurangnya tekanan global diyakini membuka peluang bagi rupiah untuk menguat.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait surplusnya neraca perdagangan di bulan September kemarin memang belum mampu membuat rupiah menguat.
Namun di sisi lain, adanya rilis penjualan ritel AS yang diperkirakan di bawah perkiraan diharapkan dapat mengurangi kenaikan USD sehingga membuat rupiah berkesempatan untuk kembali menguat.
"Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujarnya di Jakarta, Selasa (16/10/2018). Reza memperkirakan, rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp15.188-Rp15.215/USD.

Sementara itu, pergerakan rupiah kemarin cenderung stagnan di pasar valas. Adanya rilis surplus perdagangan senilai USD0,23 miliar, meski mendapat apresiasi positif dari sejumlah kalangan terutama Kementerian Keuangan, namun belum banyak memberikan sentimen positif pada rupiah.
"Di sisi lain, sentimen dari kesepakatan swap antara Indonesia dan Jepang tampaknya ditanggapi dingin," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6518 seconds (0.1#10.140)