alexametrics

Sumbangan Asian Games ke Perekonomian Capai Rp42,4 Triliun

loading...
Sumbangan Asian Games ke Perekonomian Capai Rp42,4 Triliun
Kementerian PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) paparkan, sumbangan Asian Games 2018 ke perekonomian Indonesia mencapai Rp42,7 triliun. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memaparkan, sumbangan pergelaran Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembeng beberapa waktu lalu tercatat berdampak ke perekonomian Indonesia mencapai Rp42,7 triliun. Tahun 2018 saja, ada penciptaan nilai tambah sebesar Rp8,2 triliun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menerangkan, secara total nilai tambah keuntungan ekonomi riil yang tercipta dalam periode 2015-2019 adalah Rp22,3 triliun. "Dengan demikian, efek pengganda terhadap output perekonomian 2015-2019 adalah senilai Rp42,4 triliun,” ujarnya di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Adanya ajang Asian Games, terang dua, membuat pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan meningkat sekitar 0,05 %. Ini dinilainya memberikan dampak yang cukup membantu perekonomian nasional.



Selama persiapan sampai penyelenggaraan atau 2015-2018 juga tercipta 108.780 lapangan kerja baru. Upah riil pun naik sebanyak 0,03%. "Itu dampak secara nasional di tiga tempat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat," katanya.

Khusus di Jakarta saja, keberadaan Asian Games menambah pertumbuhan ekonomi Ibu Kota sebesar 0,23%. Terang Bambang Brodjo sehingga ini cukup signifikan untuk mendorong perekonomian Jakarta. Sementara di Sumatera Selatan dampaknya lebih besar lagi. Dampak dari diselenggarakan Asian Games menyumbang 0,57% ke pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan.(Baca Juga: Bappenas Menakar Kontribusi Asian Games ke Ekonomi Indonesia)
Adapun paling kecil yakni Jawa Barat dengan tambahan ke pertumbuhan ekonomi 0,001%. Jumlah tersebut setara nilai tambah Rp200 miliar. "Ada dampak yang dinikmati masyarakat Jawa Barat dan Banten," pungkas Bambang.
(akr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak