Forum Bisnis Indonesia Singapura 2024: Membina Ekosistem yang Kuat dan Dinamis

Rabu, 27 Maret 2024 - 23:05 WIB
loading...
Forum Bisnis Indonesia Singapura 2024: Membina Ekosistem yang Kuat dan Dinamis
Forum bisnis ini mengambil momentum yang sangat strategis bagi publik Singapura, yang digelar tepat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia mengumumkan hasil perolehan suara Pemilihan Presiden 2024. Foto/Dok
A A A
SINGAPURA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura , Indonesia Investment Promotion Center (IIPC)-Singapura -perwakilan Kementerian Investasi/BKPM-, didukung penuh oleh OUE, UOB serta Mandala Consulting, serta beberapa Chambers of Commerce.



Antara lain Singapore Business Federation (SBF), Singapore Chinesse Chambers of Commerce and Industry (SCCCI), Singapore Manufacture Federation (SMF), dan Singapore International Chambers of Commerce (SICC), dan media partner The Straits Times dan Channel News Asia menggelar forum bisnis yang mengusung tema "Beyond the Ballot: Shaping the Future of Business and Investment in Indonesia."

Acara yang digelar di Hilton Singapore Orchard pada Rabu siang (27/3/2024) itu merupakan salah satu upaya bersama untuk semakin memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Singapura.



Forum bisnis ini mengambil momentum yang sangat strategis bagi publik Singapura, yang digelar tepat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia mengumumkan hasil perolehan suara Pemilihan Presiden 2024. Forum ini menjadi media yang sangat efektif bagi pengusaha berbasis di Singapura untuk meneropong arah kebijakan lanskap ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo memandang, hubungan baik antara kedua belah negara, Singapura-Indonesia akan semakin menguat untuk memperluas kerjasama di pelbagai peluang investasi dan bisnis.

“Singapura merupakan investor terbesar bagi Indonesia, forum ini menegaskan bahwa Singapura dan Indonesia memiliki hubungan yang solid dalam membina ekosistem bisnis yang kuat dan dinamis,” ujar Duta Besar Suryo Pratomo.

Acara ini yang dihadiri oleh 400 peserta dari kalangan pengusaha , pemerintah, think tank, perbankan serta beberapa duta besar negara Sahabat. Forum ini ini menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto serta Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Gan Kim Yong. Keduanya menyampaikan sambutan tentang pentingnya hubungan bilateral dan masa depan kerja sama antara kedua negara.

Forum ini mengetengahkan diskusi panel yang dimoderatori oleh Jaime Ho, Strait Times dan Dawn Tan, CNA, untuk menggali lebih dalam proyeksi kebijakan terutama terkait bisnis dan investasi di Indonesia di masa pemerintahan yang baru.

Pada sesi pertama, menyajikan tema “Economic Landscape and Policy Direction in the New Administration Era," menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya,
- Drajad Hari Wibowo - Ekonom INDEF, Ketua Dewan Pakar Pakar Prabowo-Gibran
- Muhammad Lutfi-Menteri Perdagangan 2020-2022
- Jimmy Koh - Managing Director, Network Partnership and Strategic Marketing, Group Foreign Direct Investment Advisory dari UOB
- Philips Vermonte - Senior Fellow of CSIS
Hadir pula Kepala Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono yang memaparkan secara gamblang perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusatara serta mengundang investor Singapura untuk turut berinvestasi dalam pengembangan tersebut.

Pada sesi kedua, diskusi mengangkat tema "Investment Opportunities under the New Leadership" menghadirkan Thomas Oentoro-- Chief Risk Officer (CRO)—Indonesia Investment Authority (INA) dan Eunice Koh—Asisstant CEO of Enterprise Singapore selaku penyaji materi, yang mengeksplorasi lanskap investasi serta mengidentifikasi peluang investasi ke depan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)