Gelar PFsains 2024, Pertamina Dorong Peningkatan SDM Unggul dan Inovatif

Sabtu, 30 Maret 2024 - 19:59 WIB
loading...
Gelar PFsains 2024, Pertamina Dorong Peningkatan SDM Unggul dan Inovatif
PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation membuka kompetisi inovasi teknologi dan energi PFsains 2024. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation membuka kompetisi inovasi teknologi dan energi PFsains 2024 di Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan dengan mengusung tema Inovasi Teknologi dan Energi untuk Sustainability Indonesia. Hadirnya PFsains diharapkan mampu mempercepat peran perguruan tinggi dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan inovatif untuk menunjang kebutuhan industri.

"Potensi inovasi teknologi dan energi dari para mahasiswa maupun dosen ITK dapat dikolaborasikan dengan PFsains agar tercipta industri-industri baru berdasarkan pemberdayaan potensi daerah," ujar Rektor Institut Teknologi Kalimantan, Agus Rubiyanto dalam pernyataannya dikutip, Sabtu (30/3/2024).



Dia mengatakan kompetisi PFsains 2024 mendorong para peneliti, praktisi, dan akademisi untuk mengembangkan dan menciptakan inovasi teknologi dan energi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sementara, Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo PFsains kali ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan PFsains dan terdapat perubahan dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2024 ini, inovasi yang dikembangkan diperluas tidak hanya terbatas berbasis EBT namun menjadi 2 (dua) inovasi, yakni inovasi teknologi dan inovasi energi. "Tujuannya agar PFsains mampu mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru sesuai dengan potensi daerah masing-masing," kata dia.



Pjs. SVP Sustainability Pertamina S. Suripno menekankan bahwa program tersebut menghadirkan sharing session mengenai sustainability dan generasi muda. Sustainability atau keberlanjutan memiliki arti bahwa pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini jangan sampai mengorbankan generasi mendatang, baik secara aspek sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.

"Pertamina berkomitmen dalam menerapkan sustainability dengan memiliki 10 sustainability focus dan membentuk satu fungsi tersendiri yaitu fungsi sustainability," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)