Rini Bakal Cek Penggunaan Boeing 737 MAX di Garuda Indonesia

Kamis, 01 November 2018 - 00:36 WIB
Rini Bakal Cek Penggunaan Boeing 737 MAX di Garuda Indonesia
Rini Bakal Cek Penggunaan Boeing 737 MAX di Garuda Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno belum mengetahui perihal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang melayangkan surat inpeksi kepada pesawat Lion Air dan Garuda Indonesia. Hal ini terkait penggunaan pesawat Boeing 737 MAX yang mana berkaitan pasca-jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Mencermati ini, Rini pun menyatakan segera mengecek untuk penggunaan pesawat Boeing tipe tersebut yang juga dimiliki Garuda Indonesia. "Saya belum tahu (soal surat inpeksi), itu bagaimana kelanjutannya. Yang penting kami akan melakukan pengecekan," kata Rini di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Sebagai informasi, Kemenhub melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara menginstruksikan untuk segera dilakukan pemeriksaan khusus aspek kelaikudaraan pada seluruh Boeing 737-8 MAX yang beroperasi di Indonesia.

Hal ini untuk menindaklanjuti kejadian kecelakaan pesawat udara Boeing 737-8 MAX registrasi PK-LQP yang dioperasikan oleh PT Lion Mentari Airlines dengan nomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

Pemerikasaan selanjutnya pada kelengkapan peralatan (equipment) untuk melakukan troubleshooting pada pesawat Boeing 737-8 MAX. Setelahnya hasil pemeriksaan, agar segera dilaporkan untuk dapat dievaluasi oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7545 seconds (0.1#10.140)