Penelitian Sun Life, Milenial Indonesia Punya Kesadaran Finansial Tertinggi

Minggu, 31 Maret 2024 - 17:24 WIB
loading...
A A A
Kesenjangan Kota dan Desa
Laporan ini juga mengungkap adanya kesenjangan yang jelas antara wilayah perkotaan dan perdesaan Indonesia. Penduduk perkotaan merasa memiliki tingkat keamanan finansial yang lebih besar (59%) dibandingkan dengan mereka yang tinggal di daerah perdesaan (50%).

Peran Kepercayaan dan Emosi dalam Pengambilan Keputusan Finansial
Hampir separuh dari responden (45%) mengindikasikan bahwa emosi dan kepercayaan memegang peran penting dalam pengambilan keputusan finansial mereka. Institusi keuangan menjadi sumber informasi finansial yang paling dipercayai, diikuti oleh keluarga dan teman. Meskipun media sosial menjadi sumber umum saran finansial (56%), namun hanya sedikit yang mempercayainya (16%).

Kekayaan Bukanlah Jaminan Seseorang Memiliki Ketahanan Finansial
Hasil survei menunjukkan bahwa responden dengan kekayaan yang tinggi juga memiliki kekurangan terkait kesiapan, perkiraan pengeluaran, dan perencanaan keuangan jangka panjang. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk memiliki pengeluaran yang melebihi anggaran bulanan layaknya responden berpenghasilan rendah (15% vs 18%).

Indeks Ketahanan Finansial Sun Life di Asia dilakukan untuk memahami bagaimana individu merencanakan dan mengatasi kondisi tidak terduga yang berdampak signifikan pada perencanaan keuangan. Laporan ini menilai ketahanan finansial berdasarkan 5 pilar utama, yaitu tingkat kepercayaan diri, perilaku, perencanaan, sarana, dan sumber daya.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)