Jelang Pemilu, Konsumsi Lembaga Nonprofit Dongkrak Ekonomi

Senin, 05 November 2018 - 13:56 WIB
Jelang Pemilu, Konsumsi Lembaga Nonprofit Dongkrak Ekonomi
Jelang Pemilu, Konsumsi Lembaga Nonprofit Dongkrak Ekonomi
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pertumbuhan ekonomi kuartal III/2018 yang sebesar 5,17%. Salah satu yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi pada periode ini adalah konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (LNPRT).

Kepala BPS Suhariyanto menyebutkan, konsumsi LNPRT pada periode ini mencapai 8,54%. Hal ini karena ada kegiatan kampanye legislatif dan kampanye calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) untuk pemilihan umum (pemilu) 2019.

"Dari sisi komponen, yang tertinggi adalah konsumsi LNPRT 8,54%. Ini karena beragai kegiatan dalam rangka pemilu legislatif dan presiden. Ada pendaftaran pasangna calon presiden, pembekalan caleg, ada penetapan tim kampanye dan sebagainya. Jadi persiapan pemilu membuat LNPRT tumbuh 8,54%," katanya di Gedung BPS, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Selain itu, yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2018 adalah ekspor yang tumbuh 7,52%. Hal ini didukung oleh ekspor barang nonmigas yang tumbuh 10,58% dengan komoditas utamanya bahan bakar mineral, kendaraan, dan sebagainya.

"Ekspor migas seperti yang saya sampaikan justru tumbuh negatif 14,45% karena ada penurunan ekspor. Kalau ekspor jasa tumbuh karena ada Asian Games," jelas dia.

Sementara itu, impor mengalami pertumbuhan sekitar 14,06%. Hal ini justru menjadi pengurang bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menimbulkan defisit.

"Pemerintah sudah buat kebijakan, seperti peningkatan ekspor, pengendalian impor, penerapan B20 dan sebagainya. Mudah-mudahan policy ini bisa mengurangi defisit. Impor terdiri dari impor barang dan jasa," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8094 seconds (0.1#10.140)