SPKLU Keliling Bakal Layani Pemudik Lewat Jalan Tol, Cek Lokasinya

Rabu, 03 April 2024 - 17:53 WIB
loading...
SPKLU Keliling Bakal Layani Pemudik Lewat Jalan Tol, Cek Lokasinya
SPKLU mobile akan keliling melayani pemudik melalui jalan tol di Jateng dan Jabar. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyatakan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU ) mobile akan keliling melayani pemudik melalui jalan tol. PLN akan menyediakan 5 SPKLU keliling di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

"Lokasi umumnya berjarak sekitar 23 kilometer satu sama lain. Itu cukup rata-rata jarak tempuh kendaraan listrik mencapai 300-350 kilometer," ujar Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Mohamad Priharto Dwinugroho saat konferensi pers di Gedung BPH Migas, Rabu (3/4/2024).



Sementara, VP Pengendalian Operasi Sistem Ketenagalistrikan PLN Nurdin Pabi mengungkapkan SPKLU keliling disiapkan di jalur mudik Jateng dan Jabar karena dianggap sebagai jalur padat pemudik sehingga tujuannya untuk mengantisipasi kehabisan baterai di tengah perjalanan. "Jadi ini sudah kita antisipasi," kata dia.

Selain SPKLU keliling, PLN juga menyiapkan 1.299 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, yang mana di antaranya sebanyak 175 merupakan SPKLU baru. SPKLU ini tersedia di kantor-kantor PLN, hotel, hingga jalan tol.

"Jadi SPKLU baru itu dominan di jalan tol, untuk antisiapasi pelaksanaan mudik ini jangan sampai masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik was-was karena habis energi di tengah jalan," tutur Nurdin.



Adapun SPKLU yang tersedia mencakup beberapa jenis mulai dari ultra fast charger, fast charger, medium charger, hingg slow charger. Untuk mengecek lokasi SPKLU yang tersedia bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Pada aplikasi ini tidak hanya menunjukkan lokasi, tetapi juga kondisi SPKLU sedang digunakan atau tidak, sehingga bisa dipantau oleh pemudik.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3486 seconds (0.1#10.140)