Direktur Pengelolaan BI Ungkap Mekanisme Penukaran Uang Baru untuk Lebaran

Kamis, 04 April 2024 - 14:33 WIB
loading...
Direktur Pengelolaan BI Ungkap Mekanisme Penukaran Uang Baru untuk Lebaran
Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Faris Budiawan mengungkapkan, mekanisme kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang sudah dimulai sejak 15 Maret, lalu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia , Faris Budiawan mengungkapkan, mekanisme kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang sudah dimulai sejak 15 Maret, lalu. Adapun terhitung mulai 15 Maret sampai dengan 7 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sebenarnya kami dari awal mulai kick off tanggal 15 Maret kemarin kita sudah menyebarkan informasi terkait kegiatan SERAMBI termasuk kegiatan penukaran, bukan hanya di Jakarta tapi seluruh Indonesia kami sudah informasikan,” kata Faris saat ditemui MNC Portal di lokasi, Kamis (4/4/2024).



Untuk layanan penukaran uang Rupiah baik melalui kas keliling (kecuali kas keliling Susur Sungai), layanan penukaran terpadu, dan BI peduli mudik, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) : https://pintar.bi.go.id.

“Kalau untuk kegiatan-kegiatan kas keliling seperti ini kami meminta masyarakat untuk melakukan proses registrasi melalui aplikasi BI PINTAR,” ungkap Faris.



“Kenapa harus melalui aplikasi ini? karena ingin membagi secara merata kepada semua masyarakat, jadi aplikasi PINTAR itu nanti masyarakat bisa registrasi dan memilih lokasi atau titik penukaran termasuk nanti waktunya dan jumlahnya itu bisa memilih disana,” imbuhnya.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan telah menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada 28 - 31 Maret 2024 di Istora Senayan. Di daerah, hal serupa juga diselenggarakan antara lain di stadion dan alun-alun kota.

Sementara itu mulai tanggal 2 - 5 April 2024 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran uang baru di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

“Ini yang kita harapkan masyarakat bisa datang dan melakukan registrasi melalui BI PINTAR,” tegas Faris.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)