5 Alternatif THR Selain Uang Tunai, Cocok Dibagikan ke Keluarga dan Kerabat

Kamis, 04 April 2024 - 15:26 WIB
loading...
5 Alternatif THR Selain Uang Tunai, Cocok Dibagikan ke Keluarga dan Kerabat
5 alternatif THR selain uang tunai. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tunjangan Hari Raya ( THR ) menjadi salah satu hal yang sangat identik dengan Idulfitri. Pada prosesnya, tak jarang seseorang memberikannya kepada sanak saudara di keluarga. Umumnya, orang-orang memberikan THR menggunakan uang tunai. Besarannya pun beragam, tergantung pada si pemberi hingga kategori penerimanya (anak kecil, orang tua, dsb).

Selain uang, THR sebenarnya bisa diberikan dengan sejumlah bentuk lain. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2024), berikut ini beberapa alternatifnya yang dapat dicoba.

Alternatif THR Selain Uang Cash

1. Voucher

Voucher bisa menjadi pilihan utama pengganti uang cash dalam pemberian THR. Jenisnya pun beragam, bisa voucher belanja, voucher makanan hingga voucher game. Pada pemberiannya, Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan penerima. Misalnya dia suka bermain game, maka berikan voucher game, dan seterusnya.

2. Reksa Dana

Pada era modern seperti sekarang, sebagian orang telah mengenal dan menggunakan reksa dana. Maka dari itu, Anda pun bisa menjadikannya sebagai hadiah THR. Sebagai informasi, reksa dana ini adalah sebuah wadah investasi yang memungkinkan para investor mengumpulkan dana guna diinvestasikan kembali ke berbagai aset seperti pasar uang, obligasi hingga saham.

3. Buku

Alternatif berikutnya adalah buku. Meski terkesan sederhana, hadiah satu ini juga bisa berkesan bagi penerimanya. Pada pemberiannya, Anda bisa menyesuaikan buka kesukaan calon penerima. Misal, seperti novel, buku motivasi, buku biografi, buku sejarah, dan lainnya.

4. Hampers Makanan

Hampers berupa makanan juga dapat dijadikan THR pengganti uang cash. Tak perlu repot-repot, sekarang sudah banyak penyedia hampers sejenis ini yang bisa ditemui di media sosial. Nantinya, Anda hanya tinggal menyesuaikan jenis makanan serta harganya saja. Namun, jangan lupa untuk merinci kemungkinan pengeluaran demi menghindari kantong boncos.

5. Saldo Dompet Digital

Penggunaan dompet digital juga semakin banyak di kalangan masyarakat umum. Saat ini, mereka bahkan biasa memakainya sebagai alat transaksi pembayaran. Pada pemberiannya, Anda hanya perlu mengisikan saldo dari dompet digital yang digunakan. Misal, seperti DANA, OVO, GoPay, ShopeePay, dan lainnya. Demikianlah ulasan mengenai deretan alternatif THR selain uang cash yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)