Jelang Lebaran Arus Mudik di Bandara Kertajati Alami Peningkatan

Minggu, 07 April 2024 - 17:00 WIB
loading...
Jelang Lebaran Arus Mudik di Bandara Kertajati Alami Peningkatan
Suasana Bandara Internasional Kertajati pada H-6 Lebaran 2024, Jumat (5/4/2024). (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
MAJALENGKA - Enam hari menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024, ribuan penumpang arus mudik tampak mulai memadati Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajatidi Majalengka, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).

Executive General Manager Bandara Internasional Kertajati Nuril Huda Mahmudan menjelaskan, Bandara Internasional Kertajati telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan para pemudikyang jumlahnya mengalami peningkatan.

“Segala fasilitas yang kami siapkan Insyaallah dalam kondisi laik operasi. Karena setiap hari kami maintenance. Fasilitas yang disiapkan antara lain taman bacaan bagi pengunjung saat menunggu penerbangan,” tuturnya.

Dia mengatakan, meskipun tidak terlalu signifikan, sudah ada kenaikan jumlah penumpang dan penerbangan dibanding tiga bulan yang lalu. ”Jumlah penumpang sekitar 1.300-1.500 orang sejak tanggal 3 April kemarin. Biasanya 1.000-1.200 penumpang,” katanya.

Menurut Nuril, pihaknya juga sudah menyiapkan penambahan penerbangan (extra flight) pada 6-7 April, rute Kualanamu-Kertajati, dengan menyediakan pesawat Super Airjet.

“Pada 8 April 2024 tersedia AirAsia rute Johor Baru-Kertajati. Dari maskapai melihat ada lonjakan penumpang luar biasa dari Kualanamu-Kertajati, sehingga perlu ada penambahan penerbangan,” katanya.
Jelang Lebaran Arus Mudik di Bandara Kertajati Alami Peningkatan

Nuril Huda Mahmudan, Executive General Manager Bandara Internasional Kertajati. (Foto: dok iNews Media Group)

Menghadapi lonjakan penumpang, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Kertajati juga menambah jumlah personel yang bertugas. Bila pada hari biasa yang bertugas hanya 15 personel, kali ini ada 18 personel untuk melayani mudik Lebaran.

Sedangkan untuk mengamankan pelayanan penerbangan pada Hari Raya Idul Fitri Bandara Kertajati telah menyiagakan puluhan petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Resque, dan Aviation Security (Avsec).

“Angkasa Pura merangkul seluruh stakeholder dalam rangka pelayanan arus mudik. Kami juga berkolaborasi dengan personel Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Untuk extra flight rute baru sudah banyak yang melirik, tapi nanti summer pada September yaitu penerbangan rute internasional ke Singapura,” tuturnya.

Sejauh ini rute yang paling ramai di Bandara Internasional Kertajati adalah penerbangan dari dan ke Denpasar, Kualanamu, dan Balikpapan. “Tiga rute tersebut jadi top dan favorit,” ucapnya.
Jelang Lebaran Arus Mudik di Bandara Kertajati Alami Peningkatan

Fasilitas taman bacaan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, pada H-6 Lebaran 2024, Jumat (5/4/2024). (Foto: dok iNews Media Group)

Menurutnya, tiga rute tersebut menjadi favorit karena banyak pemudik yang melanjutkan berlibur setelah merayakan Lebaran bersama keluarga. Pihak Bandara Internasional Kertajati juga akan menambahkan penerbangan ke Singapura.

Bandara Kertajati menjadi bandara favorit pilihan penumpang dengan tujuan Balikpapan, Medan, dan Bali untuk liburan. Bersama bandara lainnya di Indonesia, kini Bandara Internasional Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), turut ambil bagian dalam menyukseskan Mudik Hari Raya Idulfitri 1445 H. Bandara yang mulai beroperasi penuh sejak 23 Oktober 2023 tersebut memberikan berbagai pelayanan terbaik kepada para pemudik.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)