Kondisi Ekonomi Indonesia Sepanjang 2018 Diklaim Positif

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:01 WIB
Kondisi Ekonomi Indonesia Sepanjang 2018 Diklaim Positif
Kondisi Ekonomi Indonesia Sepanjang 2018 Diklaim Positif
A A A
JAKARTA - Kondisi ekonomi Indonesia di 2018 diklaim tumbuh positif. Bahkan, kinerja pembangunan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 pun semakin membaik dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut dia, hal itu dimungkinkan karena Indonesia menetapkan lima pilar dalam menjaga fundamental ekonomi yang kuat. Kerangka ekonomi yang disusun oleh pemerintah tersebut membuat perekonomian Indonesia semakin kokoh.

"Kinerja pembangunan ekonomi di tim kita punya pilar yang kita kedepankan untuk mengarahkan pembangunan. Pertama kerangka makroekonomi yang kokoh. Dari makroekonomi yang kokoh ada tiga indikator utama, termasuk inflasi dan ketenagakerjaan terkait pengangguran," ujar Asisten Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Fajar di acara KAHMI Economic Forum di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Dia mengatakan, fundamental ekonomi Indonesia yang semakin kuat tercermin dari inflasi yang masih rendah, serta tercapainya target pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pertumbuhan Ekonomi kita 2015-2018 trennya posisitif dan stabil itu harus jadi poin penting yang harus dibaca. Ke depan kita masih bisa tumbuh positif. Kita tidak butuh kuantitas, tapi kualitas pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pengangguran yang menurun juga membuktikan bahwa Indonesia terus memperbaiki perekonomiannya. Semua itu menurutnya memungkinkan Indonesia keluar dari middle income trap.

"Bisa kita lihat terkait ketimpangan, kalau kita bicara ketimpangan rasio gini, trennya secara nasional menurun. Ini artinya (pertumbuhan ekonomi) berkualitas," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4382 seconds (0.1#10.140)