Luhut Pede Upacara HUT RI ke-79 Sudah Bisa di IKN, Begini Progresnya

Rabu, 08 Mei 2024 - 09:08 WIB
loading...
Luhut Pede Upacara HUT RI ke-79 Sudah Bisa di IKN, Begini Progresnya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau IKN bersama pengusaha-pengusaha Singapura. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) bisa mencapai 80% secara keseluruhan pada Agustus mendatang.

"Jadi kami dengan PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) beserta tim terkait sudah meninjau, dengan mungkin masih ada beberapa pending-pending issue dan berbagai teknis-teknis kita bahas," ujar Luhut saat meninjau IKN, Selasa (7/5/2024).

"Namun tadi dilihat jalan tol sudah hampir selesai semua, memang masih sedikit-sedikit jalan yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses dan 80% sudah bisa selesai sampai kepada bulan Agustus ini," jelasnya.



Dia berharap bahwa upacara 17 Agustus mendatang benar-benar bisa dilaksanakan di IKN. Sehingga beberapa pengerjaan infrastruktur seperti jalan tol, bandara, dan infrastruktur pendukung lainnya harus sudah bisa digunakan.

"Kita berharap 17 Agustus nanti, upacara akan bisa dilakukan di sini, dan bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik. Seperti airport itu akan bisa didarati, dan bisa mengakomodasi 3 pesawat sampai tanggal 17 Agustus nanti. Tapi untuk semua ya nanti selesai kira-kira setahun lagi selesai," jelasnya.



Di lokasi yang sama, Kepala Satuan Tugas pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Kementerian PUPR Danis Sumadilaga melaporkan pembangunan IKN pada tahap awal ini terdiri dari dua batch. Batch 1 yang memulai konstruksi lebih awal saat ini progresnya sudah mencapai 81%, sedangkan pengerjaan batch 2 sendiri saat ini progresnya baru sekitar 28%.

"Pembangunan batch 1 itu kita targetkan akan rampung semuanya sebelum 17 Agustus mendatang, karena untuk mendukung pelaksanaan upacara," tutup Danis.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)