alexametrics

PLN Siapkan 10.912 MW, Jamin Listrik Tak Padam Saat Natal-Tahun Baru

loading...
PLN Siapkan 10.912 MW, Jamin Listrik Tak Padam Saat Natal-Tahun Baru
PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menyiapkan suplai tegangan hingga 10.912 MW menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019. Foto/Dok.
A+ A-
BANDUNG - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat menyiapkan suplai tegangan hingga 10.912 megawatt (MW) menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019. Selain memastikan tegangan cukup, PLN juga menjamin tidak ada rencana pemadaman.

Senior Manajer Distribusi PLN UID Jabar, Hendra Slamet Riyadi, mengatakan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, PLN Jawa Barat memperkuat monitoring keandalan. Termasuk melakukan sejumlah persiapan untuk meminimalisir adanya gangguan suplai listrik terhadap pelanggan.

"Daya mampu pasok PLN Distribusi Jawa Barat mencapai 10.912 MW. Sementara kami memperkirakan beban puncak siang hari pada Natal sekitar 4.635 MW dan beban puncak malam Natal diprediksi mencapai 5.249 MW. Artinya masih sangat mencukupi," jelas Hendra di Bandung, Jumat (21/12/2018).



Diakui dia, pemakaian listrik pada Natal dan Tahun Baru 2019 akan lebih tinggi dari tahun lalu. Beban malam hari Natal tahun 2018 diprediksi mencapai 5.249 MW lebih besar dari realisasi beban puncak Natal pada malam hari di tahun 2017 sebesar 5.114 MW.

Begitupun untuk perayaan malam Tahun Baru 2019, PLN memperkirakan beban puncak diprediksi mencapai 5.062 MW, lebih besar dibandingkan dengan realisasi beban puncak pada malam Tahun Baru 2018 sebesar 4.957 MW.

"Kami juga tidak melakukan pekerjaan atau pemeliharaan yang dapat mengganggu pasokan listrik saat Natal dan Tahun Baru, kecuali pekerjaan perbaikan yang disebabkan gangguan dan kondisi emergency. Misalnya keadaan yang apabila tidak dilakukan perbaikan akan berdampak luas dan membahayakan keselamatan pelanggan," beber dia.

Untuk menjamin kesiapan, PLN telah membuat 113 posko Siaga Natal yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Sebanyak 485 orang personel disiagakan lengkap dengan sarana penunjang bersiaga untuk melakukan pemantauan khusus ke tempat-tempat ibadah (terutama gereja). Mereka juga memantau pusat-pusat keramaian selama 24 jam penuh.

"Untuk mengecek kesiapan petugas dan peralatan dalam rangka menyambut momen penting di pengujung tahun 2018 ini, kami telah dilaksanakan gelar pasukan di 15 area pelayanan PLN UID Jawa Barat," imbuh dia.

Pada kesempatan itu, Hendra juga mengimbau kepada masyarakat untuk mematikan seluruh aliran listrik dan mencabutnya dari stop kontak sebelum meninggalkan rumah. Apalagi bagi masyarakat yang pergi dalam waktu yang lama untuk menghindari korsleting. Selain itu, disarankan membeli token listrik cadangan agar persedian listrik cukup dan tak Iupa menyelesaikan pembayaran rekening listrik.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak