Inkowapi Optimistis Program Makan Siang dan Susu Gratis Dorong Ekonomi

Minggu, 28 April 2024 - 22:05 WIB
loading...
Inkowapi Optimistis Program Makan Siang dan Susu Gratis Dorong Ekonomi
Inkowapi dalam acara Halal Bihalal keluarga besar Perempuan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) bersama SAHARA (Sahabat Usaha Rakyat), Inkowapi (Induk Koperasi Pengusaha Indonesia) dan Bank BTN. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) Sharmila Yahya menyebutkan program Makan Siang dan Susu Gratis Prabowo-Gibran sebagai ide yang cemerlang.

Founder Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) itu menjelaskan, selain bermanfaat bagi anak Indonesia, program Makan Siang dan Susu Gratis optimistis dapat menjadi pendorong perekonomian masyarakat. Usulnya, Program Makan Siang dan Susu Gratis itu dapat melibatkan koperasi dan UMKM sekitar sekolah, sehingga proses ekonomi di balik program itu akan memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Sebab kalau pelaksana program itu menggandeng koperasi dan UMKM di sekitar sekolah, maka manfaatnya buat kemajuan ekonomi rakyat akan sangat dahsyat dan memberikan pemerataan kesejahteraan ekonomi yang dirasakan langsung oleh rakyat," jelas Sharmila yang juga Wakil Sekretaris Jenderal ICMI dalam acara Halal Bihalal keluarga besar Perempuan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) bersama SAHARA, Inkowapi (Induk Koperasi Pengusaha Indonesia) dan Bank BTN di Jakarta, baru-baru ini.



Sharmila menegaskan, dengan usulan teknis pelaksanaan yang diusungnya; Program Makan Siang dan Susu Gratis itu akan bebas korupsi. Menurutnya, siapa pun yang di percaya sebagai pelaksana Program Makan Siang dan Susu Gratis ini dapat menggandeng perbankan untuk memastikan dana sampai ke penerima manfaat/siswa dan tidak ada kebocoran

"Tidak mungkin korupsi Rp 1 sen pun dengan metode cash transfer dan digitalisasi QRIS pro para penerima dan pelaksana program ini dapat manfaatnya langsung dan tidak ada ruang untuk kebocoran/korupsi dalam program ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPP Perempuan ICMI, Dra Welya Safitri MSi mendukung usulan terkait sistem dalam pelaksanaan Program Makan Siang dan Susu Gratis yang diusung oleh Inkowapi.

Dirinya menegaskan, DPP Perempuan ICMI siap mendukung program unggulan makan siang dan susu gratis tersebut agar berdampak positif terhadap ekonomi kerakyatan yang merupakan ranah konsentrasi ICMI sejak berdirinya dahulu.

"Jika nanti program ini dilaksanakan, hendaknya dalam pelaksanaan dapat melibatkan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pemasok agar manfaatnya mampu mendongkrak roda usaha koperasi dan UMKM di skitar sekolah.

Baca Juga: INKOWAPI dan SAHARA Kolaborasi Ciptakan Peluang Kemandirian Usaha

Program Makan Siang dan Susu Gratis adalah salah satu program prioritas Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo - Gibran. Program yang disebut-sebut sebagai visi dan misi besar Prabowo untuk anak-anak Indonesia itu bahkan sudah dipikirkan sejak tahun 2006 untuk mengatasi gizi buruk dan tumbuh kembang anak Indonesia.

Yakin program cemerlang ini terlaksana baik dengan 1 ecosytem yg luar biasa, dampak program Makan Siang dan Susu Gratis akan terasa terhadap kenaikan GDP Income Per Kapita Masyarakat Indonesia mendatang, sehingga anak-anak Indonesia sehat, cerdas dan ekonomi Indonesia kuat untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)