JK Ingin Indonesia Contek Keberhasilan China

Selasa, 08 Januari 2019 - 12:18 WIB
JK Ingin Indonesia Contek Keberhasilan China
JK Ingin Indonesia Contek Keberhasilan China
A A A
JAKARTA - Keberhasilan China membanjiri pasar global dengan produk-produknya dinilai dapat menjadi contoh bagi Indonesia dalam upayanya mendongkrak daya saing di tingkat dunia.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) bahkan menyebut, Indonesia perlu mencontek keberhasilan China tersebut. Tak hanya beragam, dari sisi kualitas produk-produk China pun menurutnya kini semakin baik dan tetap dengan harga yang bersaing.

"China negara yang sudah bisa memenangi persaingan. Mereka mampu membuat produk yang lebih baik, murah dan cepat. Kita mengetahui negara yang hampir memenuhi semua syarat itu adalah China," ujar Wapres di acara diskusi Outlook Perekonomian 2019 di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Untuk meniru keberhasilan China, kata dia, perlu ada evaluasi dan koordinasi bersama antara pemerintah pusat, daerah dan pelaku usaha. JK mencontohkan bagaimana pemerintah harus bisa membuat satu regulasi yang mendukung pengusaha yang merupakan pihak yang menjalankan proses produksi dan perdagangan.

"Memang kalau ingin maju harus mengevaluasi yang telah dan apa yang akan kita lakukan," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa upaya meningkatkan daya saing merupakan hal yang perlu dilakukan segera. Hal itu penting agar ekspor Indonesia meningkat dan membuat neraca perdagangan surplus.

"Neraca perdagangan yang surplus dengan ekspor yang tinggi maka tingkat daya saing meningkat. Untuk itu masalah-masalah dasar seperti kualitas sumber daya manusia yang baik perlu diperbaiki," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7699 seconds (0.1#10.140)