Indonesia Kekurangan Tenaga Kerja, JK: Itu Bukan Masalah

Senin, 14 Januari 2019 - 13:02 WIB
Indonesia Kekurangan Tenaga Kerja, JK: Itu Bukan Masalah
Indonesia Kekurangan Tenaga Kerja, JK: Itu Bukan Masalah
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bukan sebuah masalah bila Indonesia masih kekurangan tenaga kerja. Menurut dia, di beberapa negara maju, tenaga kerja dilihat dari kompetensi, terutama dalam menghadapi perubahan bisnis yang semakin berkembang cepat.

"Indonesia memiliki generasi milenial yang banyak. Tapi kita jangan bangga soal itu. Kita harus lebih cepat masuk ke sektor tenaga kerja yang kompeten. Kita bisa lihat seperti di Jepang, Korea Selatan, dan Jerman," ujar JK di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Karena ittu, menurut dia, Perguruan Tinggi harus mampu mengajarkan bisnis yang tidak melulu konvensional. Harus memunculkan ide dalam meningkatkan bisnis dan memadukan dengan perkembangan teknologi yang besar.

"Ini membutuhkan partisipasi dari alumni, karena kalau tidak disiapkan, nanti negara luar seperti India dan Singapura yang menguasai," jelasnya.

Menurut JK, anak muda Indonesia sudah mulai menguasai teknologi dan economic sharing. Dan dalam mengembangkan inovasi di bidang teknologi tersebut memang dibutuhkan keberanian.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5443 seconds (0.1#10.140)