alexametrics

Infrastruktur Jadi Tantangan Pengelolaan Gas Bumi Nasional

loading...
Infrastruktur Jadi Tantangan Pengelolaan Gas Bumi Nasional
Minimnya infrastruktur gas menjadi tantangan pengelolaan sumber energi alternatif tersebut di dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Publish What You Pay (PWYP) Indonesia menyatakan, tantangan utama dalam pengelolaan gas bumi nasional, antara lain minimnya infrastruktur gas dan adanya kesenjangan akses antarpulau. Hal itu mengakibatkan mahalnya harga gas di tingkat pengguna akhir.

Communication Specialist dan peneliti sektor gas PWYP Indonesia Asri Nuraeni mengatakan, menghadapi situasi tersebut, butuh kebijakan dan strategi taktis dalam memperbaiki pengelolaan gas bumi untuk kepentingan nasional.

"Antara lain mendorong pengembangan infrastruktur yang konsisten, terencana dan terintegrasi dengan memperhatikan keseimbangan cadangan dan pasokan. Selain itu, konektivitas pipa transmisi dan distribusi gas bumi nasional yang berorientasi pada kebutuhan dan pemerataan pembangunan," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/1/2019).



Selain itu, kata Asri, juga diperlukan pengembangan strategi pengelolaan gas bumi nasional yang terintegrasi dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah dengan memperhatikan keterpaduan orientasi pembangunan sektoral, wilayah dan antar-kawasan. "Disertai pula dengan skema pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang terukur," imbuhnya.

Pemerintah secara periodik juga perlu melakukan penyusunan, pemantauan dan pembaharuan neraca gas bumi nasional yang komperehensif dan berdasarkan pada data terbaru.

"Disertai pula proyeksi dengan berbagai alternatif skenario atau opsi kebijakan dan dilaksanakan secara berkala dengan melibatkan masukan dan pertimbangan berbagai pemangku kepentingan," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak