Kereta Tanpa Rel di IKN Ternyata Belum Ada, Masih Angan-angan

Selasa, 07 Mei 2024 - 08:58 WIB
loading...
Kereta Tanpa Rel di IKN Ternyata Belum Ada, Masih Angan-angan
Ilustrasi Kereta Tanpa Rel. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku saat ini prasarana untuk moda transportasi Autonomous Rail Rapid Transit (ART) belum disiapkan di Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Basuki menjelaskan prasarana yang terkait ART sendiri seperti misalnya penyediaan jalur yang akan digarap oleh Kementerian PUPR. Sebab menurutnya saat ini wacana tersebut masih berupa konsep, sehingga masih belum disiapkan terkait penyediaan prasarananya.

"Kami belum siapkan prasarananya, belum ada final desainnya tentang desain Awal," ujar Menteri Basuki saat meninjau IKN, Senin (6/5/2024).



Meski demikian, Menteri Basuki mengungkapkan kereta tanpa awak akan diimplementasikan di IKN sebagai wajah Ibukota yang lebih modern. Namun hingga saat ini pihaknya memang masih munggu desain yang matang sebelum menggarap moda transportasi masa depan tersebut.

"Itu masih ide tapi akan saya terapkan. Saat ini baru jalan biasa, tinggal tambahin beberapa sensor di jalan raya biasa, di Sumbu Barat dan Timur," sambung Basuki.

Pada kesempatan yang berbeda, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Prof. Mohammed Ali Berawi mengatakan IKN akan mengimplementasikan sistem transportasi cerdas atau intelligent transportation system (ITS) untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam bermobilitas.



Otorita IKN mencanangkan untuk melakukan uji coba di sektor transportasi cerdas meliputi kendaraan otonom, autonomous rail transit, dan advanced air mobility pada Juli 2024.

"Momentum pembangunan IKN merupakan peluang besar untuk pengembangan dan penguasaan teknologi ITS dan moda transportasi inovatif, seperti kendaraan otonom dan advanced air mobility," kata Ali.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8229 seconds (0.1#10.140)