Pemerintah Pastikan BPWS Dipertahankan

Selasa, 22 Januari 2019 - 01:44 WIB
Pemerintah Pastikan BPWS Dipertahankan
Pemerintah Pastikan BPWS Dipertahankan
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyatakan akan mempertahankan keberadaan Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS). Sebelumnya, sempat muncul wacana pembubaran BPWS. Sejumlah tokoh dan ulama Madura kemudian bersuara lantang agar keberadaan BPWS tetap dipertahankan.

Kepastian tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPWS, Danis Hidayat, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Danis mengatakan, dari berbagai masukan dan penelaahan yang mendalam, BPWS dipastikan akan tetap dipertahankan. "Saya mendapat informasi langsung dari Menteri PUPR bahwa BPWS akan dipertahankan untuk menstimulasi dan memfasilitasi pembangunan di Madura," ujarnya.

Danis juga menampilkan sejumlah prestasi pembangunan yang dilakukan BPWS dalam slide paparan. Selain kepastian untuk mempertahankan BPWS, Presiden Jokowi juga akhirnya mengeluarkan persetujuan hibah senilai Rp147,15 miliar dari BPWS ke empat kabupaten di Madura.

"Kami harus menunggu persetujuan presiden karena nilainya melebihi Rp10 miliar. Alhamdulillah, izin udah turun dan akan kita eksekusi besok (hari ini)," katanya.

Namun demikian, penyerahannya masih bertahap. Untuk hari ini akan diberikan untuk Kabupaten Bangkalan dan Sampang. "Selanjutnya akan kita susulkan," lanjut Danis.

Rincian dana hibah tersebut, kata Danis, diberikan kepada Kabupaten Bangkalan sebesar Rp18,57 miliar, Kabupaten Sampang Rp29,57 miliar, Kabupaten Pamekasan Rp50,96 miliar, dan Kabupaten Sumenep Rp48 miliar. Hibah tersebut meliputi dana untuk sistem penyediaan air minum (SPAM), penerangan jalan umum (PJU), perbaikan jalan, rest area dan lain sebagainya.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi V DPR, Sadarestuwati, mengapresiasi kinerja BPWS dan keputusan pemerintah untuk tidak membubarkan lembaga ini. Padahal sebelumnya dia termasuk yang bersuara lantang untuk membubarkan BPWS.

"Saya dulu bilang, sudah BPWS bubarkan saja. Tetapi hari ini saya mengapresiasi dan syukurlah BPWS tetap ada. Karena kemarin usai kunjungan kerja, saya lihat kinerjanya sudah berwujud nyata. Saya mengapresiasi," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9552 seconds (0.1#10.140)