Bandara VVIP IKN Siap Sambut Tamu Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Luhut: Bisa Didarati 3 Pesawat

Rabu, 08 Mei 2024 - 15:09 WIB
loading...
Bandara VVIP IKN Siap Sambut Tamu Upacara Kemerdekaan 17 Agustus, Luhut: Bisa Didarati 3 Pesawat
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan memastikan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) siap beroperasi pada bulan Agustus 2024 mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, memastikan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara ( IKN ) siap beroperasi pada bulan Agustus 2024 mendatang. Menko Luhut menjelaskan Bandara VVIP IKN nantinya hanya mampu menampung 3 pesawat saja.

Ia menerangkan, alasannya sebab pengoperasian bandara tersebut masih cukup terbatas, sambil menunggu pengerjaan konstruksi rampung seluruhnya.

"Airport akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi 3 pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus (2024), tapi untuk selesai kira-kira 1 tahun lagi selesai," ujar Menko Luhut saat mengunjungi IKN, Selasa (7/5/2024).



Selain menengok kondisi pembangunan bandara VVIP IKN, Menko Luhut mengaku juga sudah meninjau jalan tol IKN segmen 3A dan 3B melalui udara, lalu dilanjutkan meninjau akses jalan tol IKN segmen 5A, termasuk dermaga logistik IKN,

Pembangunan infrastruktur menjadi bagian penting dalam mendukung dan mempercepat pembangunan Ibukota baru kedepannya. Targetnya, secara keseluruhan konstruksi infrastruktur dasar di IKN sudah mencapai 80% pada Agustus mendatang.

"Kita berharap 17 Agustus upacara akan bisa dilakukan di sini, masih ada sedikit-sedikit yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses, 80 persen sudah bisa selesai sampai tanggal 17 Agustus (2024)," sambungnya.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono juga menyampaikan, jalan tol, bandara, jembatan, menjadi hal utama dalam pembangunan, karena ini akan mempercepat mobilisasi dan efisiensi waktu.

"Kita tengah mempersiapkan agenda 17 Agustus-an, satu sejarah besar perhelatan Indonesia, nantinya juga akan ada event menarik untuk memeriahkan," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)