Jadikan Borobudur Destinasi Spiritual Dunia, Otoritas Khusus Dibentuk

Kamis, 09 Mei 2024 - 13:22 WIB
loading...
Jadikan Borobudur Destinasi Spiritual Dunia, Otoritas Khusus Dibentuk
Pemerintah mendorong Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi destinasi spiritual bertaraf global. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyiapkan Candi Borobudurdi Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi destinasi spiritual bertaraf global. Untuk itu, pemerintah akan membentuk otoritas khusus yang akan bertanggung jawab terhadap manajemen dan reposisi Candi Borobudur tersebut di kancah dunia.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, reposisi Borobudur untuk menonjolkan citra Candi yang erat dengan nilai-nilai universal, terutama tentang kebaikan dan filosofi kehidupan yang terukir dalam relief dan arsitekturnya.



"Menteri BUMN Erick Thohir dan Wamen Kartika Wirjoatmodjo mendukung agar Candi Borobudur tidak sebatas cagar budaya, tapi punya soul sebagai destinasi spiritual untuk umat Budha di seluruh dunia," ujar Maya di Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Langkah menjadikan Borobudur sebagai destinasi spiritual mendapat dukungan sejumlah kementerian terkait. Maya memastikan, sejumlah kementerian akan membentuk satu otoritas khusus untuk melakukan reposisi peninggalan Kerajaan Syailendra ini.

"Dari kolaborasi lima kementerian menjadi satu otoritas manajemen, nanti ada perpres yang akan keluar untuk bisa repositioning Candi Borobudur sebagai destinasi spiritual," paparnya.



Dia menambahkan, InJourney sendiri akan mengoptimalkan seluruh lini grup dalam menata ulang Candi Borobudur. Holding BUMN aviasi dan pariwisata ini juga mendorong pembukaan rute penerbangan langsung dari Thailand, Vietnam, hingga China ke Bandara Internasional Yogyakarta untuk memudahkan umat Buddha datang ke Borobudur.

"Kita mendorong destinasi spiritual dan pastinya pariwisata berkualitas yang juga mengedepankan nilai-nilai dari heritage, kultur, maupun spiritual," ujarnya.

Maya menyebut perayaan Waisak 2024 pada 23 Mei 2024 mendatang merupakan momentum besar dalam memperkuat citra Candi Borobudur sebagai destinasi spiritual kelas dunia. InJourney menargetkan 40.000-50.000 orang akan mendatangi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), selama perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024.

Candi Borobudur kembali menjadi pusat perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2568 BE/2024. Pada tahun ini, detik-detik Waisak akan jatuh pada 23 Mei 2024 pukul 20.52.42 WIB. Melalui kolaborasi berbagai pihak seperti Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Kementerian Agama, Pemerintah Daerah, dan seluruh lapisan unsur masyarakat, beragam rangkaian perayaan Waisak 2568 BE telah disiapkan.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)