alexametrics

Ini Deretan Bisnis Warisan Eka Tjipta Melalui Sinar Mas Group

loading...
Ini Deretan Bisnis Warisan Eka Tjipta Melalui Sinar Mas Group
Pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Taipan pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia di usia 98 tahun. Menurut Forbes.com, pada 2018 salah satu orang terkaya di Indonesia tersebut memiliki kekayaan bersih senilai USD8,6 miliar atau sekitar Rp120,4 triliun (kurs Rp14.000/USD).(Baca Juga: Jatuh Bangun Eka Tjipta Widjaja Membangun Kerajaan Bisnis Sinar Mas)
Pria yang sukses membangun kerajaan bisnisnya di Indonesia setelah merantau keluar dari kampung halamannya di Quanzhou, China, tersebut meninggalkan sederet bisnis di berbagai sektor melalui Sinar Mas Group. Berikut bisnis-bisnis yang digeluti Sinar Mas saat ini.

Produk Kertas dan Bubur Kertas
Asia Pulp & Paper (APP) adalah nama merek dari beberapa perusahaan manufaktur bubur kertas (pulp) dan kertas independen di Indonesia. APP menjadi salah satu produsen pulp dan kertas yang terintegrasi secara vertikal terbesar di dunia.

Dimulai pada tahun 1972 dengan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, bisnis kertas dan produk kertas APP memiliki operasi di beberapa negara di dunia, memproduksi dan memasarkan produk ke lebih dari 120 negara.



Makanan dan Agribisnis
Sinar Mas juga mengoperasikan bisnis pertanian dan makanan melalui Golden Agri-Resources Ltd. (GAR). Perusahaan yang terdaftar di Bursa Singapura pada tahun 1999 ini membentuk salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terintegrasi terkemuka di dunia. Salah satu anak perusahaan utama GAR adalah PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT SMART Tbk) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di tahun 1992.

Properti dan Real Estat
Sinar Mas Land (SML) tercatat sebagai salah satu pengembang properti terbesar dan paling beragam di Indonesia. Memiliki land bank sekitar 10.000 hektare, SML mengembangkan kota-kota, daerah perumahan serta properti komersial, ritel, perhotelan, rekreasi dan industri.

Tak hanya berkutat di dalam negeri, SML mengembangkan sayapnya sebagai pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara. Sinar Mas Land terdaftar di bursa efek Singapura dan Jakarta (dengan kapitalisasi pasar gabungan lebih dari USD3,5 miliar, dan terlibat dalam bisnis properti di Indonesia, China, Malaysia, Singapura, dan Inggris.

Jasa Finansial

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) menyediakan berbagai layanan keuangan seperti asuransi jiwa dan non-jiwa, sekuritas, perbankan dan layanan pasar modal. Pelanggannya bervariasi mulai dari pribadi hingga korporasi.

Komunikasi dan Teknologi
Melalui Smartfren Telecom Tbk, Sinar Mas juga merambah layanan telekomunikasi di dalam negeri dan tercatat sebagai operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyediakan 4G LTE. Teknologi 4G LTE generasi terbaru ini, EV-DO (Enhanced Voice - Date Optimized), memberikan pelanggan through-put terbaik dalam hal kualitas dan kuantitas suara dan transfer data.

Energi dan Infrastruktur
Melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSS), Sinar Mas melakukan kegiatan bisnis pembangkit listrik dan uap, penambangan dan perdagangan batu bara, perdagangan grosir, multimedia dan infrastruktur. DSS memulai operasi komersialnya pada 1 Januari 1998 dengan mengoperasikan empat pembangkit listrik di pulau Jawa.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak