AS Bakal Kerek Tarif Bea Masuk Impor Kendaraan Listrik dari China

Sabtu, 11 Mei 2024 - 10:51 WIB
loading...
AS Bakal Kerek Tarif...
Amerika Serikat (AS) berencana memberlakukan tarif baru yang besar untuk kendaraan listrik dari China. FOTO/AP
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) berencana memberlakukan tarif baru yang besar untuk mobil listrik dan impor energi ramah lingkungan dari China. Tarif untuk kendaraan listrik akan meningkat empat kali lipat dari 25% menjadi 100%. Rencana tersebut dijelaskan oleh orang-orang yang tidak mau disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk memberikan rinciannya sebelum pengumuman resmi.

Tarif tersebut rencananya akan diumumkan pada Selasa pekan depan, muncul ketika para pejabat Demokrat frustrasi atas kelebihan kapasitas produksi kendaraan listrik dan produk lain di China yang mereka katakan menimbulkan ancaman bagi pekerjaan dan keamanan nasional AS.

Negara-negara industri termasuk AS dan sekutu-sekutunya di Eropa khawatir gelombang ekspor China yang murah akan membanjiri manufaktur domestik. Di pihak AS, ada kekhawatiran khusus bahwa produk energi hijau China akan merusak investasi besar-besaran yang ramah iklim yang dibuat melalui Undang-Undang Pengurangan Inflasi Partai Demokrat yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden pada Agustus 2022.



Tarif tambahan ini juga membawa dampak politik menjelang pemilihan presiden pada bulan November 2024. Baik Biden maupun calon penantangnya dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, telah mengatakan kepada para pemilih bahwa mereka akan bersikap keras terhadap China, ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS dan saingan geopolitik yang baru muncul.

Biden telah mendefinisikan kebijakannya sebagai persaingan dengan China, bukan konflik. Dia telah menerapkan strategi industri yang menggunakan dukungan keuangan pemerintah untuk menarik investasi swasta di pabrik-pabrik baru dan teknologi canggih, sambil membatasi penjualan chip komputer dan peralatan lainnya ke China.

Trump juga melontarkan gagasan untuk mengenakan tarif besar-besaran terhadap China untuk mengurangi defisit perdagangan AS dengan negara tersebut. Dia telah berulang kali mengklaim bahwa dukungan Biden untuk mobil listrik pada akhirnya akan menyebabkan pekerjaan pabrik Amerika berpindah ke China.

Pengumuman tarif ini diperkirakan akan mempertahankan beberapa tarif yang telah diberlakukan selama pemerintahan Trump, yang mencakup sekitar USD360 miliar barang-barang China. Pajak impor yang baru akan menambah produk-produk seperti jarum suntik dan peralatan surya dari China.

Ada risiko bahwa tarif dapat menyebabkan konflik perdagangan yang lebih luas antara kedua negara karena mereka saling merespons langkah masing-masing. China sedang berusaha untuk menciptakan keunggulan teknologi dan bergerak naik dalam rantai ekonomi.



Ada beberapa indikasi bahwa China sedang mendinginkan produksi baterai lithium-ion yang digunakan dalam mobil listrik, ponsel, dan barang elektronik konsumen lainnya di saat mereka menghadapi kritik yang meningkat dari Barat.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mengeluarkan rancangan aturan yang bertujuan untuk memperkuat manajemen industri baterai lithium-ion dan mendorong pertumbuhan berkualitas tinggi di sektor ini.

Rancangan tersebut, yang diposting di situs web kementerian untuk mendapatkan masukan dari publik, mengatakan bahwa perusahaan harus berusaha untuk inovasi teknologi yang lebih baik, kualitas yang lebih tinggi, dan biaya yang lebih rendah, daripada memperluas kapasitas yang ada.

Pabrik baterai lithium yang dibangun di lahan pertanian terlarang atau zona industri harus ditutup, menurut rancangan tersebut.

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai sedang melakukan tinjauan terhadap tarif era Trump, dan anggota parlemen dari Partai Republik termasuk Ketua Komite Jalan dan Sarana DPR Jason Smith dan Ketua Sub-Komite Perdagangan Adrian Smith mendesak "kesimpulan cepat" untuk penyelidikan tersebut.

"Kelambanan yang terus berlanjut pada tinjauan empat tahun menimbulkan risiko serius bagi petani, produsen, inovator, usaha kecil, dan pekerja AS," tulis mereka dalam sebuah surat kepada Tai minggu ini dikutip dari AP, Sabtu (11/5/2024).

Sementara, Senator Demokrat dari Ohio, Sherrod Brown, mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Jumat bahwa "Tarif saja tidak cukup. Kita perlu melarang mobil listrik China dari AS. Titik."

Pemerintahan Biden juga mengatakan akan menyelidiki mobil listrik buatan China yang dapat mengumpulkan informasi sensitif tentang orang Amerika yang mengendarainya. Departemen Perdagangan pada bulan Februari mengeluarkan pemberitahuan tentang usulan pembuatan peraturan yang meluncurkan penyelidikan terhadap risiko keamanan nasional yang ditimbulkan oleh kendaraan yang terhubung dari China dan negara-negara lain yang dianggap memusuhi AS.

Saat ini hanya ada sedikit mobil listrik dari China di AS, tetapi para pejabat khawatir bahwa model-model dengan harga murah akan segera membanjiri pasar AS hanya dengan tarif 25%.

Sebuah model mobil yang diluncurkan tahun lalu oleh produsen mobil China BYD dijual dengan harga sekitar USD12.000 di China. Kerajinan mobil ini menyaingi mobil listrik buatan AS yang harganya tiga atau empat kali lipat lebih mahal dan menimbulkan ketakutan di industri AS.



Aliansi bisnis dan serikat pekerja baja AS merilis laporan pada bulan Februari yang mengatakan bahwa masuknya mobil murah China ke pasar Amerika dapat berakhir dengan kepunahan bagi sektor otomotif AS. Sektor otomotif AS menyumbang 3% dari PDB Amerika, menurut laporan tersebut.

Menteri Keuangan Janet Yellen, yang melakukan perjalanan ke Guangzhou dan Beijing pada awal April, menyebutkan bahwa manufaktur kendaraan listrik dan baterainya serta peralatan energi surya sektor-sektor yang sedang berusaha dipromosikan oleh pemerintah AS di dalam negeri adalah area-area di mana subsidi pemerintah China telah mendorong ekspansi produksi yang sangat cepat.

"China sekarang terlalu besar bagi seluruh dunia untuk menyerap kapasitas yang sangat besar ini. Tindakan-tindakan yang diambil oleh RRT saat ini dapat menggeser harga-harga dunia," ujarnya dalam pidato yang disampaikan di Beijing pada April.

"Dan ketika pasar global dibanjiri oleh produk-produk Tiongkok yang murah secara artifisial, kelangsungan hidup perusahaan-perusahaan Amerika dan perusahaan-perusahaan asing lainnya dipertanyakan."
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)