Rupiah Keok Jelang Libur Panjang Kembali Dekati Rp16.000/USD

Selasa, 21 Mei 2024 - 16:04 WIB
loading...
Rupiah Keok Jelang Libur Panjang Kembali Dekati Rp16.000/USD
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi perdagangan hari ini, Selasa (21/5/2024) berakhir melemah 20 poin atau 0,13%. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi perdagangan hari ini, Selasa (21/5/2024) berakhir melemah 20 poin atau 0,13% ke level Rp15.998 per USD. Raihan ini melanjutkan tren pelemahan, ketika kurs rupiah kemarin tertekan menjadi Rp15.978/USD. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah sempat dibuka pada level Rp16.038 per dolar AS.



Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar AS menguat didorong Greenback didukung oleh lebih banyak komentar dari pejabat Fed bahwa bank sentral masih perlu lebih diyakinkan bahwa inflasi sedang turun, dan bahwa suku bunga kemungkinan tidak akan berubah untuk sementara.

"Hal ini membuat risalah pertemuan The Fed pada akhir bulan April, yang dijadwalkan pada hari Rabu, menjadi fokus utama, untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut mengenai sikap bank tersebut terhadap suku bunga," tulis Ibrahim dalam risetnya.



Pejabat Federal Reserve belum siap untuk mengatakan bahwa inflasi sedang menuju target bank sentral AS sebesar 2% setelah data minggu lalu menunjukkan berkurangnya tekanan harga konsumen pada bulan April, dan beberapa di antaranya pada hari Senin menyerukan kelanjutan kebijakan yang hati-hati.

Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan pada hari Senin bahwa Federal Reserve akan membutuhkan waktu untuk yakin bahwa inflasi berada pada jalurnya kembali ke tujuannya. “Masalahnya saat ini adalah kapan kita bisa yakin bahwa inflasi jelas berada di jalur kembali ke 2%.

Saya pikir akan memakan waktu cukup lama sebelum kita mengetahui hal itu secara pasti,” kata Bostic dalam wawancara dengan Bloomberg Television.

Berbicara pada konferensi Mortgage Bankers Association di New York, Wakil Ketua Fed, Philip Jefferson mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah perlambatan proses disinflasi yang terjadi baru-baru ini akan bertahan lama.

Selain itu, Menurunnya optimisme terhadap Tiongkok juga mempengaruhi pasar, karena para pedagang menunggu untuk melihat bagaimana Beijing akan meluncurkan langkah-langkah stimulus yang baru-baru ini diumumkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)