Octa Ungkap Hasil Survei Tentang Kepercayaan Para trader dan Resep Kesuksesan

Jum'at, 24 Mei 2024 - 14:50 WIB
loading...
Octa Ungkap Hasil Survei Tentang Kepercayaan Para trader dan Resep Kesuksesan
(Ilustrasi: dok Octa)
A A A
JAKARTA - Banyak trader yang percaya akan hoki dan merencanakan sesi mereka sesuai dengan berbagai pertanda keberuntungan, simbol, atau ritual. Octa , broker keuangan dengan lisensi yang diakui secara global telah melakukan survei menyeluruh mengenai kepercayaan para trader. Di artikel ini, para ahli di Octa membahas bagian pertama dari hasil survei yang membantu mendefinisikan perilaku karakteristik trader di Indonesia.

Faktor-faktor apa yang menentukan kesuksesan dalam trading?

Banyak faktor yang berkontribusi dalam kesuksesan trading. Serangkaian keterampilan spesifik dan kualitas pribadi, termasuk ketahanan psikologis, pengetahuan pasar umum, dan kecakapan penelitian turut meningkatkan peluang seseorang secara signifikan untuk konsisten menghasilkan profit.

Namun, banyak trader yang meyakini bahwa komponen lain yang tidak dapat diukur dan lebih subjektif bisa makin meningkatkan penghasilan finansial. Para trader ini menganggap keberuntungan dan berbagai ritual terkait kekuatan yang lebih tinggi sebagai prasyarat penting dalam kesuksesan trading.

Octa sebagai broker keuangan yang diakui secara global sejak 2011 telah meneliti berbagai faset pola pikir trader sejak langkah pertamanya di industri keuangan. Sebagai bagian dari upaya, broker ini telah mengadakan survei trader global bertajuk 'Jadilah yang Beruntung' untuk mempelajari perilaku dan sikap trader mengenai keberuntungan.

Hasil survei ini untuk Indonesia menyoroti psikologi dan demografi komunitas trading lokal, serta menyajikan perspektif berharga tentang cara pandang trader Indonesia akan perjalanan mereka di pasar finansial.

Peran keberuntungan dalam trading

Untuk Indonesia, usia rata-rata responden adalah 42,5 tahun, sementara rata-rata pengalaman trading mereka kurang dari dua tahun. Sejak awal, mayoritas menyatakan bahwa mereka tidak menggunakan pertanda keberuntungan atau jimat untuk meningkatkan hasil trading mereka.

Namun, pertanyaan-pertanyaan lebih jauh menyingkapkan bahwa banyak responden yang terkadang mengandalkan perilaku yang terkait dengan keberuntungan. Misalnya, hanya 55 persen mengakui tidak mempunyai keyakinan, ritual, atau tradisi pembawa keberuntungan dalam sesi trading mereka. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa pengalaman praktik menjadikan trader berpengalaman lebih mengandalkan hal-hal yang telah membawa keberuntungan di masa lalu, tanpa memilih objek material apa pun untuk menaruh aspirasi mereka.

Ketika ditanya apakah mereka menganggap keberuntungan sebagai faktor penting dalam trading, 77 persen menjawab mereka lebih percaya pada strategi yang dipilih dan keterampilan yang dikembangkan dengan baik. Sebanyak 23 persen responden sisanya mengaitkan sebagian atau seluruh kesuksesan dalam trading dengan keberuntungan. Kemudian, 16 persen menyatakan bahwa keberuntungan, serta keterampilan sama pentingnya dan harus berjalan beriringan sebagai faktor penentu kesuksesan.

Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor subjektif masih berperan signifikan dalam transaksi harian trader modern, dan tidak dapat disebut sebagai sisa-sisa masa lalu atau takhayul yang sudah ketinggalan zaman.

Survei ini juga memberikan beberapa hasil yang patut dicatat mengenai hari-hari di mana para trader Indonesia melakukan kinerja tinggi dalam trading. Lebih dari 45 persen responden meyakini bahwa Rabu dan Kamis adalah hari yang paling menguntungkan untuk trading.

Preferensi kuat ini didasari oleh alasan logis. Menurut Kar Yong Ang selaku analis pasar keuangan Broker Octa, Rabu merupakan hari di mana Federal Reserve AS mengumumkan keputusan tingkat suku bunganya yang cenderung berdampak pada pasar keuangan global. Dengan alasan yang sama, Kamis dianggap sebagai hari trading yang menguntungkan karena mengikuti dinamika yang terjadi pada hari Rabu. Oleh karena itu, Kamis tampak lebih bisa diprediksi dibanding hari-hari lainnya dalam sepekan.

Tidak hanya hoki, tools berbasis data siap membantu

Percaya hoki atau tidak, trader bisa meningkatkan peluang mereka secara signifikan dengan menggunakan tools modern berbasis data. Mengambil posisi proaktif dalam mengembangkan dan mengimplementasikan tools tersebut, broker ini telah merilis beberapa fitur baru di OctaTrader.

Bertujuan untuk meningkatkan pengalaman trading klien terlepas dari pola perilaku dan keyakinannya, Octa meningkatkan OctaTrader dengan menambahkan Space, feed berita dan jejaring sosial bawaan yang membantu trader untuk berbagi wawasan berharga serta menggunakan pengetahuan pakar untuk mencapai hasil trading yang lebih baik.

Broker ini mengumumkan bahwa solusi yang diperbarui menyediakan pengalaman trading yang lancar dan efektif waktu untuk para trader pemula maupun berpengalaman. Space menggabungkan semua proses yang terkait, menyediakan deposit dan penarikan dana mudah, wawasan berkualitas dari para pakar Octa, dan tools analisis teknikal.

Para pakar di Octa meyakini bahwa afirmasi positif menguatkan perilaku trader yang berorientasi pada hasil. Dengan demikian, mempercayai keberuntungan dan mempertahankan ritual terkait trading dapat menjadi faktor positif jika Anda mengasosiasikannya dengan kesuksesan. Karena itu, meningkatkan pendekatan berbasis keyakinan dengan tools modern berbasis data adalah metode yang lebih solid untuk mencapai hasil yang konsisten.

Sebagai informasi, Octa adalah broker internasional yang menyediakan layanan trading online di seluruh dunia sejak 2011. Octa menawarkan akses bebas komisi ke pasar finansial dan berbagai layanan yang telah digunakan oleh klien dari 180 negara, dimana telah membuka lebih dari 42 juta akun trading. Tidak hanya itu, Octa juga menyediakan webinar edukasi, artikel, dan tool analisis gratis untuk membantu klien mencapai tujuan investasi mereka.

Perusahaan ini terlibat dalam jaringan amal dan kegiatan kemanusiaan komprehensif, termasuk peningkatan infrastruktur pendidikan dan bantuan darurat yang membantu masyarakat setempat.

Di wilayah Asia Pasifik, Octa menerima penghargaan 'Broker Teraman Indonesia 2022' dan 'Broker Paling Tepercaya Asia 2023' dari Global Forex Awards.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)