Deretan Kebakaran di Fasilitas Pertamina 15 Tahun Terakhir

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:01 WIB
loading...
Deretan Kebakaran di Fasilitas Pertamina 15 Tahun Terakhir
Kebakaran di Kilang Balongan tahun 2021 lalu. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Berkutat di bidang migas, termasuk pengolahan bahan bakar, tak heran jika PT Pertamina (Persero) menerapkan prosedur keamanan ketat di berbagai fasilitasnya. Kendati demikian, tetap saja sejumlah insiden pernah dialami oleh Pertamina di berbagai fasilitasnya.

Terkini, kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Indonesia Unit Balikpapan pada Sabtu (25/5/2024) pukul 05.06 WITA. Belum diketahui apa penyebab kebakaran yang membuat api berkobar dan asap hitam yang terlihat hingga belasan kilometer tersebut.

Insiden kebakaran di Kilang Balikpapan ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, pada 4 Maret 2022, kebakaran juga pernah terjadi di kilang Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan. Namun kebakaran tersebut cepat dikendalikan dan dipadamkan oleh regu pemadam.



Tetapi pada tahun yang sama, yakni pada 15 Mei 2022, Kilang Balikpapan kembali mengalami kebakaran di area Plant 5 dalam Hydro Skimming Complex. Akibat kejadian tersebut, satu pekerja meninggal dunia dan 5 lainnya mengalami luka-luka.

Berdasarkan data yang dihimpun, dalam 15 tahun terakhir sejumlah insiden kebakaran dialami Pertamina. Mulai dari kebakaran di kilang, tangki hingga depo bahan bakar minyak (BBM). Berikut deretan kebakaran yang pernah terjadi di fasilitas BUMN migas tersebut:

1. Kilang Pertamina Cilacap
Kilang minyak Pertamina IV Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada hari Minggu, 9 Maret 2008, pada pukul 08.15 WIB. Kejadian ini bermula saat muncul kilatan api di alat pendingin di FOC I. Akibat insiden ini, empat orang terbakar, dua diantaranya tewas.

Setahun berselang, kebakaran kembali melanda kilang minyak Cilacap. kebakaran ini terjadi di areal unit pengolahan IV Pertamina Cilacap, sekitar pukul 08.10 WIB pada Rabu, 3 Juni 2009. Tak hanya itu, pada tahun 2016, kebakaran kembali terjadi di kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Kebakaran tersebut terjadi pada tangki asphalt yang tengah dalam perbaikan. Pertamina memastikan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

2. Kilang Minyak Dumai
Kilang minyak Pertamina Unit II di Jalan Putri Tujuh Dumai, Riau meledak. Akibat ledakan yang terjadi pada Minggu, 16 Februari 2014 sekitar pukul 23.00 WIB ini, sejumlah tangki berisi minyak mentah berhamburan dan terbakar mengenai rumah warga sekitar.

3. Kilang Minyak Balongan
Kebakaran juga pernah terjadi di Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin, 29 Maret 2021 sekira pukul 00.45 dinihari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)