BRI Kirim 8 UMKM untuk Ikut Pameran FHA Food & Beverage 2024 di Singapura

Minggu, 26 Mei 2024 - 09:48 WIB
loading...
BRI Kirim 8 UMKM untuk Ikut Pameran FHA Food & Beverage 2024 di Singapura
Produk UMKM Indonesia di Food & Hotel Asia (FHA) Food & Beverage 2024. (Foto: dok BRI)
A A A
JAKARTA - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan elemen penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, sehingga harus terus didukung agar dapat naik kelas dan meningkatkan kontribusi bagi perekonomian bangsa.

BRI sebagai bank terbesar dalam penyaluran pembiayaan bagi UMKM terus mendukung dan memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk bisa masuk pasar global. Hal ini juga didasari dengan hasil produksi dan karya anak bangsa memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

Kali ini, BRI memberangkatkan 8 (delapan) pelaku UMKM Indonesia ke Food & Hotel Asia (FHA) Food & Beverage 2024 yang merupakan pameran perdagangan makanan dan minuman berskala Internasional yang terbesar dan terkemuka di Asia. Acara tersebut terselenggara selama 4 hari pada tanggal 23-26 April 2024 di Singapore Expo dan diikuti oleh lebih dari 50 negara.

Kedelapan UMKM BRI yang mengikuti ajang pameran FHA Food & Beverage 2024 tersebut adalah Cokelat Ndalem, Matoh Food, Maccheese, Granoku, AwiS Food, Keripik Tempe Cinta, Ppuff!, dan Havilla Tea. Produk-produk yang dihasilkan dari UMKM tersebut contohnya cokelat, keripik singkong, keripik tempe, teh, snack sehat, dll.

Mereka adalah UMKM pilihan yang tentunya mempunyai produk unggulan berkualitas, berstandar Internasional, dan siap bersaing di pasar global. Selain itu, UMKM tersebut juga telah mengikuti beberapa program pemberdayaan dari BRI, seperti Rumah BUMN, Pengusaha Muda Brilian, dan Brilianpreneur.

Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan, keikutsertaan UMKM tersebut merupakan perwujudan BRI untuk selalu konsisten mendukung UMKM Go Global hingga ke mancanegara agar dapat memberikan nilai tambah, serta mampu bersaing di kancah Internasional.

"UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Pameran ini tentunya menjadi event yang sangat bermanfaat bagi UMKM binaan BRI untuk dapat memperkenalkan potensi industri Food and Beverages Indonesia ke mancanegara," ujar Amam.

Kemudian, Founder dan CEO Ppuff! Erwin, salah satu peserta Pameran FHA Food & Beverage 2024 memberi apresiasi kepada BRI yang selalu mendukung pelaku UMKM di pameran internasional, sehingga dapat mendorong pemasaran produk UMKM ke luar negeri. Ppuff! merupakan produsen cemilan sehat yang berasal dari Bandung, Jawa Barat yang merupakan pemenang ke-3 Program Pengusaha Muda Brilian 2022.

“BRI selalu mensupport Ppuff! snacks dalam meningkatkan exposure baik di dalam maupun luar negeri. Sehingga, kali ini kami berkesempatan untuk ikut sebagai delegasi Indonesia di Food & Hotel Asia di Singapore dan berkat bantuan ini, kami melihat banyak sekali peluang yg bisa dikembangkan untuk export ke negara tetangga,” kata Erwin.

Sebagai informasi, di Pameran FHA Food & Beverage 2024, UMKM BRI menempati Paviliun Indonesia yang merupakan kerja sama BRI dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura.

Atas partisipasi 8 UMKM pada FHA Food & Beverage 2024, terdapat 87 potential buyers asal China, Thailand, Malaysia, Brunei Darusalam, dan lainnya yang berpotensi deal sebesar 175.000 Dolar AS. Ajang ini diharapkan dapat menjadi platform global bagi pelaku usaha Indonesia.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)