Lion Air Berhentikan Penggunaan Boeing 737 Max 8 di Thailand

Rabu, 13 Maret 2019 - 17:18 WIB
Lion Air Berhentikan Penggunaan Boeing 737 Max 8 di Thailand
Lion Air Berhentikan Penggunaan Boeing 737 Max 8 di Thailand
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan Lion Air Group memutuskan memberhentikan sementara operasional pesawat Boeing 737 MAX 8 di Indonesia. Selain itu Lion Air juga memberhentikan penggunaan pesawat Boeing di Thailand

Managing Director Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, otoritas di Thailand memutuskan mulai besok pesawat jenis Boeing 737 MAX akan dilarang terbang (grounded). Lion Air yang mengoperasikan Thai Lion di sana pun ikut terdampak.

"Thai Lion punya dua ya. Otomatis semua pesawatnya akan di-grounded lah," ujar Daniel di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sambung dia mengutarakan, pesawat yang dioperasikan Thai Lion adalah Boeing 738 MAX 9 dan sedangkan untuk hari ini pesawat tersebut masih beroperasi. "Ya itu Thai Lion ada dua pesawat ya. MAX 9. Tapi regulatornya meng-grounded mulai besok. Jadi kalau hari ini masih terbang," paparnya.

Sebelumnya, 10 pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air di Indonesia juga dikandangkan mulai 12 Maret 2019. Itu menyusul keputusan Kementerian Perhubungan agar dilakukan inspeksi.

Sebagai informasi, Lion Air melaksanakan standar operasional prosedur pengoperasian pesawat udara sesuai dengan aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat.

Selain itu, Lion Air akan selalu melaksanakan budaya keselamatan (safety culture) dalam setiap operasional penerbangan. Lion Air akan meminimalisir dampak dari keputusan ini agar operasional penerbangan dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3827 seconds (0.1#10.140)