alexametrics

​Posisi Rupiah Rp14.620/USD di Februari Dinilai Masih Aman

loading...
​Posisi Rupiah Rp14.620/USD di Februari Dinilai Masih Aman
Menkeu Sri Mulyani menilai posisi rupiah di Rp14.620 per dolar AS hingga Februari masih aman. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai nilai tukar rupiah masih dalam kondisi aman. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, posisi rupiah sampai bulan Februari mencapai Rp14.620 per dolar AS (USD) dan year to date mencapai Rp14.104 per USD.

Di angka tersebut, kata Menkeu, rupiah masih dalam kondisi aman. Pasalnya rupiah masih kuat ditopang dengan inflasi yang rendah serta harga minyak yang di bawah asumsi APBN 2019

"Nilai tukar rupiah sampai Februari itu mencapai Rp14.620 sedangkan year to date-nya itu Rp14.104 per dolar AS, sementara asumsi APBN adalah Rp14.000. Sedangkan harga minyak kita USD58,9 per barel di bawah asumsi, ini masih terjaga," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (19/3/2019).



Dia menambahkan, dilihat dari kondisi makro ekonomi rupiah juga sangat terjaga. Neraca perdagangan bulan Februari yang mengalami surplus pun menurutnya turut mendukung. Hal ini menunjukkan capain APBN yang positif. "Kinerja APBN menunjukkan capaian positif, dan kita akan terus jaga," tegasnya.

Menkeu mengaku akan memanfaatkan momentum kinerja APBN yang semakin membaik untuk mendukung optimalnya pertumbuhan ekonomi. "Pemerintah berkomitmen melanjutkan pembangunan fundamental yang kuat bagi perekonomian Indonesia untuk dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan dapat tetap bertahan (resilient) terhadap volatilitas ekonomi yang berpotensi mempengaruhi ekonomi Indonesia," jelasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak