Tahan Suku Bunga Acuan, Jurus BI Cegah Dana Asing Kabur dari RI

Kamis, 20 Agustus 2020 - 11:45 WIB
loading...
Tahan Suku Bunga Acuan, Jurus BI Cegah Dana Asing Kabur dari RI
Tahan Bunga Acuan Jurus BI Cegah Dana Asing Kabur dari RI. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Core Piter Abdullah menilai langkah Bank Indonesia (BI) sudah tepat mempertahankan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 4.0%. Langkah tersebut bisa menjadi obat kuat rupiah yang sempat melemah di kisaran Rp 14.830 per dolar AS.

"Tapi saat ini kondisi likuiditas global sedang berlimpah sehingga penurunan suku bunga acuan tidak banyak berdampak ke pelemahan rupiah. Tapi kalau ditahan bisa bantu rupiah," ujar Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (19/8/2020).



Menurut dia kebijakan menahan suku bunga acuan merupakan langkah tepat untuk membendung dana asing kabur dari RI. Meski begitu kebijakan tersebut harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Namun sebaliknya, apabila tidak dilakukan dalam waktu yang tepat maka akan mendong dana asing keluar dari RI sehingga berdampak terhadap pelemahan rupiah. "Kalau tidak ambil kebijakan ditahan maka banyak arus modal asing yang keluar," jelasnya.



Pihaknya telah memperkirakan bahwa suku bunga acuan bakal di tahan setelah bulan lalu menurunkan suku bunga acuan di level terendah sepanjang sejarah. "BI memang perlu memberi waktu agar kebijakan sebelumnya efektif direspons oleh perbankan," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)