5 Produk Makanan dan Minuman Rusia yang Laku Keras di China, dari Miras hingga Susu

Kamis, 06 Juni 2024 - 12:09 WIB
loading...
5 Produk Makanan dan Minuman Rusia yang Laku Keras di China, dari Miras hingga Susu
Produk makanan dan minuman Rusia yang laku keras di China. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Ada banyak produk Rusia yang laku di China . Beberapa di antaranya berupa makanan atau minuman. Rusia menikmati hubungannya yang semakin mesra dengan China. Sikap terbuka Beijing kepada Moskow telah memberikan sedikit kelegaan bagi Vladimir Putin atas dampak sanksi Barat yang berusaha memukul perekonomian negaranya.

Mengutip laman ForeignPolicy, Kamis (6/6/2024), perdagangan antara Rusia dan China melonjak hingga mencapai rekor USD240 miliar pada 2023 dan terus meningkat pada kuartal pertama tahun ini. Sebagian besar nilainya didapat dari pengiriman minyak dan gas alam ke Beijing.

Selain dalam bidang sumber daya alam seperti minyak, Rusia juga banyak memasarkan jenis produk lain di China. Misalnya, dalam sektor makanan atau minuman. Berikut beberapa di antaranya.

Produk makanan dan minuman Rusia yang Laku di China:

1. Miras

Minuman keras berlabel asing sangat populer di China. Salah satu alasannya karena masyarakat setempat kurang mempercayai produsen lokal akibat kualitas produknya dirasa buruk.

Mengutip DaxueConsulting, bir menjadi salah satu barang ekspor utama alkohol Rusia di China. Per 2020 lalu, diperkirakan ada lebih dari 50 merek bir Rusia yang telah memasuki pasar China.

Misalnya, perusahaan Baltika yang diketahui sudah memasok bir ke China selama belasan tahun. Selain itu, Rusia juga mengekspor vodka Beluga ke China setelah menandatangani perjanjian distribusi eksklusif dengan “Camus”.

Selain bir, anggur juga menjadi bagian dari produk minuman keras Rusia di China. Konsumen setempat sangat tertarik dengan wine dari wilayah Kuban seperti merek Kuban-Wine.

2. Makanan Manis

Produk makanan manis dari Rusia juga sangat populer di China. Jenisnya cukup beragam, dari permen hingga es krim.

Namun, memang salah satu produk yang paling menjanjikan adalah es krim Rusia. Mengutip Tass, Moskow sudah melipatgandakan ekspor es krim ke Beijing pada 2023.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)