Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia dan Fakta-faktanya, Nomor 1 Berharta Rp3.740 T

Selasa, 11 Juni 2024 - 09:07 WIB
loading...
Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia dan Fakta-faktanya, Nomor 1 Berharta Rp3.740 T
Elon Musk naik satu peringkat dalam daftar terbaru 10 orang terkaya di dunia per Juni 2024, namun tidak cukup bagi pendiri dan pemilik perusahaan raksasa teknologi, Tesla itu untuk merebut kembali posisi teratas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Elon Musk naik satu peringkat dalam daftar terbaru 10 orang terkaya di dunia per Juni 2024, namun tidak cukup bagi pendiri dan pemilik perusahaan raksasa teknologi, Tesla itu untuk merebut kembali posisi teratas. Menduduki puncak sebagai orang terkaya sejagat , masih dipegang oleh Bernard Arnault.



Sementara itu pendiri Microsoft, Bill Gates turun ke peringkat terendah dalam beberapa tahun terakhir. Bernard Arnault, taipan barang mewah di belakang brand seperti Louis Vuitton, Christian Dior dan lusinan merek lain yang dimiliki oleh grup LVMH-nya, saat ini menempati peringkat sebagai orang terkaya di dunia yang dipegangnya sejak Februari.

Tepat di bawah Arnault, pada nomor dua terkaya adalah Elon Musk, yang bertukar tempat dengan Jeff Bezos pada akhir April. Saham Tesla mengalami hari terbaiknya sejak 2021 pada 29 April, sehari setelah kunjungan mendadak Musk ke China. Saat itu saham Tesla terdongkrak 15% hingga mengangkat kekayaan Musk meningkat USD14,5 miliar.



Musk tidak hanya menyalip Bezos, tapi Ia juga mempersempit jarak antara dirinya dan Arnault LVMH. Dengan kekayaan mencapai USD209,4 miliar, Arnault unggul sekitar USD10 miliar lebih dari Musk di posisi kedua.

Sebulan sebelumnya, keunggulan Arnault atas Bezos mencapai USD30 miliar, dan itu bahkan lebih besar dibandingkan Musk. Sebagian alasannya adalah penurunan saham LVMH dalam sebulan terakhir, yang telah mendorong turun sebesar USD17 miliar.

Sementara itu Bill Gates, yang sempat memegang label sebagai orang terkaya di dunia selama hampir tiga dekade mulai tahun 1995, harta kekayaannya hampir sama seperti sebelumnya yakni bernilai hampir USD128 miliar. Tapi saat ini, Gates sekarang menempati peringkat kesembilan terkaya di dunia, turun dari posisi ketujuh sebulan lalu pada bulan Mei. Saat ini Gates perlahan merangkak naik dalam daftar orang terkaya di dunia per Juni diposisi ketujuh.

Gates belum pernah serendah ini di dalam jajaran orang terkaya di dunia sejak awal 1990-an. Bukan karena investasi Microsoft dan Gates lainnya yang tidak berjalan dengan baik, hanya saja mereka tidak mengikuti saham seperti Meta Mark Zuckerberg atau Alphabet Larry Page. Pada Mei untuk pertama kalinya, pendiri Google Page dan Sergey Brin sekarang sama-sama lebih kaya dari Gates.

Beberapa fakta lainnya yakni enam dari 10 orang terkaya di dunia memiliki kekayaan yang lebih kecil dari sebulan lalu. Bersama-sama, total kekayaan mereka jika digabung nilainya mencapai USD1,54 triliun atau mengalami penurunan USD50 miliar dibandingkan April 2024.

Fakta-fakta 10 orang terkaya di dunia saat ini:

- Bernard Arnault
Menjadi orang terkaya di dunia sejak awal 2023 sampai saat ini, meski harta kekayaannya merosot USD17 miliar selama April 2024.

- Elon Musk
Saat ini berada pada posisi kedua dalam daftar orang terkaya di dunia. Sempat menjadi orang terkaya sejagat pada awal 2024, namun Musk harus kehilangan label tersebut dan jatuh ke peringkat ketiga usai saham Tesla jatuh dan dibulan April kembali menanjak.

- 9 dari 10
Dalam daftar miliarder terkaya di dunia saat ini didominasi oleh orang Amerika, termasuk Jeff Bezos, Larry Ellison, dan Bill Gates.

- Bill Gates
Pemilik Microsoft ini jatuh ke posisi sembilan dalam jajaran orang terkaya di dunia, untuk menjadi peringkat terburuknya sejak 1990.

- Dominasi Pria
Pada posisi 10 besar orang terkaya di dunia, semuanya adalah laki-laki per 1 Mei 2024 dan keseluruhan memiliki kekayaan di atas USD100 miliar.

Daftar10 orang terkaya di Bumi per Juni 2024, menurut Forbes.

1. Bernard Arnault


Kekayaan bersih: USD233 miliar (Rp3.740 triliun dengan Kurs Rp16.053 per USD)
Sumber harta: LVMH/ barang mewah
Umur: 75 Tahun
Tempat tinggal: Paris
Kewarganegaraan: Perancis

CEO dan chairman grup barang mewah LVMH, Bernard Arnault kembali ke posisi pertama orang terkaya di dunia pada 31 Januari 2024, untuk menyalip Elon Musk. Selanjutnya Arnault mempertahankan peringkat itu sepanjang Februari dan Maret.

Arnault membangun perusahaan barang mewah terbesar di dunia dengan sekitar 70 merek fashion dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon, Sephora dan perhiasan Tiffany & Co.

Ayah Arnault menghasilkan jutaan dolar dalam bisnis konstruksi; untuk memulai bisnisnya sendiri, Arnault menggunakan USD15 juta dari kekayaan itu untuk membeli Christian Dior.

Kelima anak Arnault bekerja di beberapa bagian dalam kerajaan bisnis LVMH. Awal tahun ini, Arnault menominasikan dua putranya yakni Alexandre (31 tahun), dan Frédéric (29 tahun) untuk masuk ke dewan LVMH. Putrinya Delphine, yang berusia 48 tahun kini menjalankan Dior, dan putranya Antoine (46 tahun), sudah duduk di dewan. Sedangkan putra bungsunya, Jean, adalah direktur jam tangan di Louis Vuitton.

Arnault merupakan orang terkaya di dunia untuk sepanjang paruh pertama tahun 2023, untuk kemudian dia jatuh ke No.2 pada Juni 2023 tetapi telah kembali ke No.1 pada tahun 2024. Pada 1 Mei 2024, kekayaan Arnault berkurang USD17 miliar kurang dari sebulan yang lalu, menurut perkiraan Forbes, menyusul sedikit penurunan harga saham LVMH. Hingga awal Juni, Bernard Arnault masih menjadi orang terkaya sejagat dengan harta mencapai USD233 miliar per 11 Juni 2024.

2. Elon Musk


Kekayaan bersih: USD195 miliar
Sumber: Tesla, SpaceX, X (Twitter)
Umur: 52 tahun
Tempat tinggal: Austin, Texas
Kewarganegaraan: AS

Musk adalah CEO perusahaan mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX dan perusahaan media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Dia memiliki 13% saham Tesla dan telah menjaminkan sebagian sahamnya sebagai pinjaman.

Dia membeli X yang saat itu dikenal sebagai Twitter, seharga USD44 miliar pada Oktober 2022 dan memiliki sekitar 74% kendali dari perusahaan media sosial, yang sekarang bernilai kurang dari setengah dari apa yang dia bayarkan.

Berasal dari Afrika Selatan, Musk pindah ke Kanada sebelum ulang tahunnya yang ke-18. Sempat mencoba berbagai pekerjaan, kemudian Ia mendaftar di Queen's University di Ontario dan kemudian dipindahkan ke University of Pennsylvania, di mana ia memperoleh gelar sarjana ekonomi.

Pada tahun 2000, ia menggabungkan sebuah bank online yang ia dirikan, X.com dengan sektor bisnis serupa yang didirikan oleh Peter Thiel untuk membentuk PayPal, untuk kemudian dibeli eBay pada tahun 2002 seharga USD1,4 miliar.

Musk mendirikan SpaceX pada tahun 2002 di El Segundo, dekat Los Angeles. Pada tahun 2004 ia bergabung dengan Tesla sebagai investor dan chairman, setahun setelah didirikan; Dia kemudian diberikan gelar cofounder.

Ia menjadi CEO Tesla pada 2008, lalu Musk menjadikannya sebagai perusahaan publik pada 2010. Kapitalisasi pasarnya melonjak selama tahun 2020 dan 2021.

Pada September 2021, Musk menjadi orang terkaya di dunia. Pada November 2021, kekayaannya jatuh hingga USD320 miliar. Musk juga menjaga label orang terkaya di dunia untuk sebagian besar tahun 2022—hingga Desember 2022, ketika penurunan harga saham Tesla menekan nilai kekayaannya.

Musk menjadi orang terkaya di dunia lagi pada 8 Juni 2023 dan memegang posisi nomor satu untuk sisa tahun 2023. Dia jatuh ke No. 2 pada 31 Januari 2024 menyusul putusan hakim Delaware pada 30 Januari yang membatalkan paket gaji Musk yang hampir USD51 miliar.

Saham Tesla turun 13% selama bulan Maret, menempatkannya di posisi No.3 di peringkat Real Time Billionaire Forbes. Dia kembali naik setelah saham Tesla pulih kembali.

3. Jeff Bezos


Kekayaan bersih: USD194 miliar
Sumber: Amazon
Umur: 60 tahun
Tempat tinggal: Miami, Florida
Kewarganegaraan: AS

Jeff Bezos menciptakan raksasa e-commerce Amazon pada tahun 1994 dan menjalankannya sebagai CEO hingga Juli 2021 (dia tetap menjadi chairman); pada bulan yang sama ia pergi ke luar angkasa dengan roket yang dibangun oleh perusahaan roket swasta Blue Origin, yang ia dirikan dan telah didanai dengan miliaran dolar. Kekayaannya naik hampir USD3 miliar selama Maret 2024 sebagai akibat dari kenaikan saham Amazon.

Sebelum mendirikan Amazon.com di garasinya di Seattle, ia bekerja di New York pada hedge fund D.E. Shaw. Sementara itu Amazon memulainya sebagai penjual buku online pada saat beberapa orang membeli barang secara online. Perusahaan juga tumbuh mendominasi dalam penyimpanan cloud, untuk selanjutnya pindah ke produksi film dan serial untuk Amazon Prime Video.

Bezos menyalip Bill Gates untuk menjadi orang terkaya di dunia pada Juli 2017. Dia dan Gates kemudian menukar tempat terkaya nomor satu dan nomor dua. Bezos adalah orang terkaya di dunia dalam daftar Miliarder Dunia Forbes dari 2018 hingga 2021; Dia turun menjadi terkaya kedua dalam daftar miliarder 2022.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)