10 Negara-negara Termiskin di Asia, Indonesia Termasuk?

Senin, 17 Juni 2024 - 19:30 WIB
loading...
10 Negara-negara Termiskin di Asia, Indonesia Termasuk?
Banyaknya negara miskin di Asia menunjukkan realitas yang mencerminkan ketidakmerataan ekonomi. FOTO/Shutterstock/
A A A
JAKARTA - Asia adalah salah satu dari sedikit kawasan yang diperkirakan akan berkinerja lebih baik daripada kawasan lain di dunia. Perekonomian Asia menghadapi perpaduan antara ketidakstabilan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.
Ekonomi Asia diperkirakan tumbuh 5,2% di 2024 dengan berbagai tantangan pemulihan dari pandemi Covid-19 hingga memanasnya geopolitik global.

Namun, banyaknya negara miskin di Asia menunjukkan realitas yang mencerminkan ketidakmerataan ekonomi di benua ini. Status negara termiskin di Asia merujuk pada negara-negara dengan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita atau Gross National Income (GNI) per kapita terendah di kawasan.



Berikut 10 negara-negara termiskin di Asia berdasarkan PDB per kapita dikutip SINDOnews dari Insider Monkey, Senin (17/6/2024).

1. Afghanistan

Afghanistan adalah negara termiskin di dunia dan telah menderita akibat perang selama beberapa dekade. Pada tahun 2021, Afghanistan memiliki PDB per kapita sebesar USD356 pada tahun 2021.

2. Suriah

Suriah memiliki PDB per kapita sebesar USD421 pada tahun 2021. Negara ini telah banyak menderita akibat perang dan terus menghadapi lebih banyak ancaman. Suriah berada di peringkat kedua di antara negara-negara termiskin di Asia berdasarkan PDB per kapita.

3. Yaman

Yaman memiliki PDB sebesar USD21,89 miliar dan merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Menurut Bank Dunia, Yaman mengalami kontraksi 52% dalam PDB riil per kapita dari tahun 2015 hingga 2022, menyebabkan sebagian besar penduduknya berada dalam krisis.

4. Sri Lanka

Perekonomian Sri Lanka telah menderita. Namun, pada 22 Maret, Reuters melaporkan bahwa kondisi ekonomi di Sri Lanka yang dilanda hutang secara bertahap mulai membaik, sesuai dengan IMF. Sri Lanka adalah salah satu negara termiskin di Asia berdasarkan PDB per kapita. PDB per kapita pada 2022 USD3,354
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)