Daftar Negara Termiskin di Eropa 2024 Pecahan Uni Soviet, Nomor 1 Ukraina

Selasa, 18 Juni 2024 - 13:36 WIB
loading...
Daftar Negara Termiskin di Eropa 2024 Pecahan Uni Soviet, Nomor 1 Ukraina
Daftar negara termiskin di Eropa 2024 pecahan Uni Soviet. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Ekonomi kolektif Uni Eropa (UE) berada di peringkat tiga besar dunia bersama Amerika Serikat (AS) dan China. Beberapa negara Eropa termasuk di antara negara terkaya di dunia.

Sebagai contoh, Jerman masuk ekonomi terbesar di dunia. Namun, pemerataan ekonomi di negara-negara Eropa bervariasi khususnya negara-negara Eropa Timur pecahan Uni Soviet cenderung menjadi yang termiskin saat ini.

Produk Domestik Bruto (PDB) adalah salah satu tolak ukur terpenting yang digunakan untuk mengukur kekayaan ekonomi suatu negara dilengkapi dengan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) atau PPP GNI per kapita, yang memberikan indikasi lebih baik tentang bagaimana keadaan warga negara tersebut.

Berikut peringkat teratas negara-negara termiskin di Eropa 2024 dikutip SINDOnews, dari World Population Review, Selasa (18/6/2024).

1. Ukraina

Dengan GNI per kapita sebesar USD13.360, Ukraina adalah negara termiskin di Eropa. Ukraina pernah menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua di Uni Soviet.

Namun, ketika Uni Soviet runtuh Ukraina mengalami kesulitan untuk bertransisi ke ekonomi pasar, yang membuat sebagian besar penduduknya jatuh miskin.

Beberapa masalah yang terus berlanjut di Ukraina yang berkontribusi pada kemiskinan adalah korupsi pemerintah, konflik dengan Rusia dan infrastruktur yang lemah.

2. Moldova

Moldova negara termiskin di Eropa kedua dengan GNI per kapita sebesar USD15.310. Dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet, Moldova menghadapi ketidakstabilan politik, kemerosotan ekonomi, hambatan perdagangan, dan kesulitan lain setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)