Menegaskan Visi Menjadi The Most Responsible Fintech

Senin, 24 Juni 2024 - 14:06 WIB
loading...
A A A
Upaya tersebut juga diperkuat dengan dukungan dari pemerintah, fasilitator UMKM, dan pemain keuangan tradisional. Selain itu, mayoritas UMKM didanai oleh investor individu dari Indonesia yang percaya pada ekosistem UMKM Indonesia.

Ekosistem KoinWorks sebagai pembelajar yang bersemangat

KoinWorks menyediakan kesempatan belajar gratis untuk semua orang, dengan lebih dari 500 acara inklusi keuangan gratis dan hampir 135 ribu peserta secara keseluruhan. KoinPreneur telah menyelenggarakan delapan acara berdampak, termasuk webinar literasi keuangan, workshop registrasi bisnis, kunjungan ke kelurahan, bazar UMKM, dan pameran.

Inisiatif ini memberdayakan para pengusaha, dengan 69% peserta perempuan. Pengguna KoinWorks menunjukkan praktik keuangan yang maju, dan memastikan keberlanjutan dan skalabilitas usaha mereka.

Ekosistem KoinWorks memungkinkan akses awal keuangan

Melalui solusi keuangan yang inovatif dan inklusif, KoinWorks telah secara signifikan memperluas akses modal bagi UMKM di seluruh Indonesia. Dengan menyalurkan Rp27,3 triliun rupiah (USD1,8 miliar) kepada lebih dari 900 ribu UMKM, kami telah memberdayakan ribuan bisnis untuk berkembang dan tumbuh.

Dampak sosial yang kami hasilkan termasuk lebih dari 106 ribu pinjaman, dengan 83% dari pinjaman ini dibiayai oleh investor muda, menunjukkan komitmen kuat dari generasi muda untuk mendukung pembiayaan UMKM.

Portofolio KoinWorks mencerminkan dedikasi terhadap keragaman dan inklusi, dengan 80% bisnis adalah usaha mikro, 36% merupakan bisnis yang dimiliki oleh perempuan, dan 48% berlokasi di daerah pedesaan. Jangkauan yang luas ini menegaskan misi untuk mendemokratisasi akses keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai segmen masyarakat.

Ekosistem KoinWorks mengakselerasi pertumbuhan digital lebih cepat

Penciptaan lapangan kerja adalah pencapaian signifikan KoinWorks pada tahun 2023, dengan 95.000 lapangan kerja baru diciptakan oleh UMKM yang menerima pinjaman usaha dari KoinWorks. Angka ini meningkat 80% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu UMKM melaporkan peningkatan rata-rata 37,8% dalam nilai penjualan dan 37,2% dalam total aset, di mana metrik ini secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilaporkan oleh non-pengguna KoinWorks. Inisiatif dalam pembiayaan rantai pasokan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan 94% UMKM mengalami peningkatan penggunaan media digital sejak bergabung dengan KoinWorks.

Ekosistem KoinWorks memiliki potensi besar untuk inklusi

KoinWorks berdedikasi pada praktik yang adil, mengurangi emisi, dan memberdayakan perempuan. Ada kemajuan signifikan dalam mendukung pengusaha perempuan, di samping tetap menekankan perlunya ekosistem untuk menyesuaikan program yang lebih efektif untuk membantu perempuan dalam pertumbuhan aset, kepemilikan BPJS, dan peningkatan operasi bisnis.

KoinWorks secara aktif meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan di kalangan UMKM, meskipun tidak adanya indikator untuk emisi UMKM di Indonesia. Pengguna kami menerapkan praktik Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), termasuk mematuhi jam kerja standar, memberdayakan pemasok lokal, dan mematuhi peraturan upah minimum regional.

“Prestasi kami berbicara banyak tentang kepercayaan dan keyakinan yang diberikan oleh pengguna, investor, dan pemangku kepentingan kami. Selain itu, kerangka ESG kami memastikan bahwa kami tidak hanya melindungi klien kami tetapi juga menjaga akuntabilitas sektor fintech. Kami percaya bahwa pertumbuhan yang berkelanjutan terwujud hanya dengan praktik yang bertanggung jawab dan etis,” kata Benedicto Haryono.

KoinWorks mematuhi standar perlindungan klien di tingkat lokal dan internasional, yang dibuktikan dengan partisipasi dalam Digital Finance Service Client Protection Assessment Tools oleh Cerise+SPTF, dengan meraih bronze participation. Komitmen terhadap keamanan informasi dan privasi data pengguna semakin diperkuat dengan sertifikasi ISO 27001:2022.

Chief of Impact KoinWorks Group, Angelique Timmer menekankan, "Komitmen ini melampaui aturan dan regulasi, mencerminkan janji kami kepada pengguna bahwa setiap interaksi dilakukan dengan standar etika yang tinggi. Prioritas utama kami adalah kesejahteraan pengguna, dan kami bertekad untuk memastikan hal ini dalam setiap aspek layanan kami."

Perusahaan menekankan pentingnya keseimbangan dalam ekosistem, dengan fokus pada keragaman, kesetaraan, dan inklusi di tempat kerja. Tim KoinWorks terdiri dari karyawan dari lima kewarganegaraan berbeda, dengan 35% merupakan perempuan, meningkat 2% dibandingkan tahun sebelumnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)