Sudah Siap Merasakan Pengalaman Next Generation Banking System Persembahan KB Bank?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:42 WIB
loading...
Sudah Siap Merasakan Pengalaman Next Generation Banking System Persembahan KB Bank?
KB Bank melakukan migrasi core banking system ke NGBS dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dalam hal layanan keuangan. (Foto dok KB Bank)
A A A
JAKARTA - Di tengah transaksi digital yang semakin pesat, KB Bank terus mengembangkan konsep kantor cabang pintar atau smart branch. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang kini serba digital.

Untuk mengakomodir besarnya kebutuhan nasabah atas layanan transaksi digital, KB Bank saat ini tengah bertransformasi dan mengembangkan sistem perbankan sistem IT dan Digital baru yang disebut NGBS (Next Generation Banking System).

Melalui NGBS dengan nama proyek SHINE, sistem IT yang diadopsi dari induk KB Kookmin Bank di Korea Selatan ini akan memuat sejumlah penggunaan teknologi terkini, seperti peningkatan core banking yang akan memberikan kemudahan dan pengalaman yang menyenangkan kepada nasabah dalam menggunakan layanan keuangan.

NGBS yang akan beroperasi secara penuh tahun ini cakupannya sangat luas, tidak hanya core banking system, juga berbagai surrounding system, seperti loan organization system, treasury, foreign exchange, data warehouse dan digital product yang akan meningkatkan produktivitas karyawan.

Komitmen Perseroan terhadap digitalisasi dan customer-centricity diwujudkan dengan hadirnya aplikasi digital banking KBstar, yang merupakan milestone penerapan NGBS. KBstar yang telah diluncurkan akhir tahun lalu ini memberikan akses penuh layanan perbankan secara real-time, kapan saja dan dimana saja, tanpa dibatasi oleh fisik kantor cabang bank, sehingga semakin memberikan kemudahan kepada nasabah dalam bertransaksi.

Dengan inovasi NGBS ini nantinya akan mempermudah penyaluran kredit bank, meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses kredit, memberikan kemudahan akses informasi kemitraan, serta mengakomodir pemantauan aplikasi kredit. Sehingga seluruh proses penyaluran kredit, termasuk kredit nantinya akan lebih praktis, cepat, mudah, dan aman.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, “Dengan NGBS yang akan mulai diterapkan secara penuh tahun ini, kami menargetkan akan memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada nasabah dengan menjadi one stop banking solution, integrated KB Bukopin, serta customer centric, yang tentu secara organisasi pun akan merubah budaya dan cara kerja,” jelasnya.

KB Bank sudah mulai mengembangkan core banking NGBS sejak 2022. Seiring migrasi ini, KB Bank juga melakukan transformasi outlet dan meningkatkan jaringan distribusi di seluruh Indonesia secara bersamaan. “Kami akan mengubah core banking system agar menjadi lebih cepat dibandingkan kompetitor lainnya,” kata Jung Ho Han Direktur KB Bank.

NGBS memuat sejumlah penggunaan teknologi terkini, seperti penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Alhasil, pelayanan bagi nasabah bisa dilakukan dengan cepat. KB Bank melakukan migrasi core banking system ke NGBS dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dalam hal layanan keuangan.

KB Financial Group (KBFG) menyatakan penerapan sistem TI bank generasi baru ini dilakukan untuk menyikapi masuknya perusahaan teknologi finansial di bisnis layanan keuangan. Oleh karena itu, KBFG merancang platform finansial yang paling mudah dan nyaman digunakan bagi nasabah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)