Ekspansi ke IKN, Semen Indonesia Suntik Entitas Usaha Rp22,5 Miliar

Jum'at, 28 Juni 2024 - 22:43 WIB
loading...
Ekspansi ke IKN, Semen Indonesia Suntik Entitas Usaha Rp22,5 Miliar
Semen Indonesia melakukan ekspansi bisnis ke IKN. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk ( SIG ) melakukan ekspansi bisnis di Ibu Kota Negara (IKN) dengan mengakuisisi 20,9% saham PT Karya Logistik Nusantara (KLN). Ekspansi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan semen dan bahan baku konstruksi lainnya yang sangat tinggi di IKN.

SIG menyertakan modal sebesar Rp22,5 miliar ke KLN melalui skema right issue. Dengan kepemilikan saham ini, SIG memperkuat posisinya dalam memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan untuk proyek pembangunan di IKN. Pembangunan IKN yang mendukung konstruksi ramah lingkungan menjadi peluang bagi SIG untuk menerapkan portofolio produk rendah karbon.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, partisipasi SIG dalam right issue ini adalah tindak lanjut dari upaya membangun ekosistem berbasis sinergi untuk bisnis yang berkelanjutan. Melalui kepemilikan saham di KLN, SIG memperkuat posisi untuk memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan dalam pembangunan IKN.

"Ini adalah wujud komitmen kuat SIG untuk mendorong perwujudan konstruksi berkelanjutan melalui aplikasi produk dan solusi ramah lingkungan, seperti konsep yang diusung Pemerintah dalam pembangunan IKN yang akan menjadi percontohan kota berkelanjutan di Indonesia”, tutur Donny dalam pernyataannya, Jumat (28/6/2024).



Dia melanjutkan, SIG memiliki produk bahan bangunan ramah lingkungan dan solusi-solusi inovatif yang sesuai untuk membangun konstruksi yang berdaya tahan dan rendah emisi karbon.

Donny menegaskan bahwa partisipasi SIG ini adalah upaya membangun ekosistem berbasis sinergi untuk bisnis berkelanjutan. "Melalui kepemilikan saham di KLN, SIG memperkuat posisinya dalam memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan dalam pembangunan IKN," kata Donny.



Sebelumnya, SIG juga telah menjalin kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero) dalam penyediaan solusi bahan bangunan termasuk green cement. Donny menambahkan, SIG akan terus berkolaborasi dengan stakeholder utama pembangunan IKN untuk mendorong penggunaan produk dan solusi bahan bangunan rendah karbon, serta mengoptimalkan jaringan produksi dan distribusi SIG yang ekstensif di seluruh Indonesia.

Sementara, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Budi Harto, menyambut baik bergabungnya SIG yang diharapkan dapat memperkuat kapabilitas KLN dalam pembangunan di IKN.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)