Menteri Ekonomi Jokowi Ramai-Ramai Sebar Bantuan buat UMKM di Bali

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 13:00 WIB
loading...
Menteri Ekonomi Jokowi Ramai-Ramai Sebar Bantuan buat UMKM di Bali
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiga menteri ekonomi yang melakukan kunjungan kerja di Bali memberikan sejumlah bantuan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di provinisi itu. Menko Airlangga menyerahkan bantuan dari para lembaga penyalur kredit usaha rakyat.

"Selain penyaluran KUR untuk UMKM lokal, kami juga menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) oleh para lembaga penyalur KUR dengan nilai sebesar Rp4,52 miliar," kata Airlangga, di Bali, Sabtu (22/8/2020).

Sementara itu, Kementerian Perindustrian menyerahkan bantuan kepada UMKM untuk mempercepat pemulihan aktivitas usaha UMKM. Diberikan kepada Celuk Design Center Jewerly di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Perhiasan Perak Celuk, Gianyar, bantuan berupa 1 unit mesin CNC. ( Baca juga:Pulihkan Wisata Borobudur, Menhub Pacu Peran Bandara YIA )

Dukungan penguatan usaha juga diberikan oleh Kementerian Pertanian. Dukungan UMKM lokal yang diserahkan berupa benih komoditas perkebunan, pupuk organik, dan fasilitas sarana pasca-panen.

Masih ada lagi, yaitu bantuan fasilitasi bibit kopi arabika diberikan sebanyak 200.000 pohon untuk Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng senilai Rp900 juta. Fasilitasi bibit kelapa genjah Bali sebanyak 15.000 pohon diberikan untuk delapan kabupaten se-Bali senilai Rp407 juta.

Sementara, pupuk organik diberikan sebanyak 40 ton untuk bibit tanaman kopi di Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng senilai Rp 108.000.000. Terakhir, fasilitasi sarana pasca-panen dan alat pengolahan kopi untuk Kelompok tani Bon, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung dengan total nilai sebesar Rp361 juta.

"Kami berharap sinergi yang kuat antara program pemerintah melalui Kemenko Perekonomian dengan pemerintah daerah, penyalur KUR, dan penjamin KUR dalam membangkitkan kembali aktivitas usaha UMKM dapat dilaksanakan secara berkelanjutan," tandas Airlangga.

Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, serta Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)