alexametrics

Garuda Segera Kaji Penurunan Tarif Tiket Pesawat Rute Tertentu

loading...
Garuda Segera Kaji Penurunan Tarif Tiket Pesawat Rute Tertentu
Pemberian insentif diyakini bakal menurunkan tarif tiket pesawat khususnya LCC domestik. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Garuda Indonesia sebagai induk perusahaan Citilink menyambut baik rencana atau kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah soal tarif tiket pesawat.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, biaya operasional memang membuat maskapai harus menaikkan harga tiket. Namun, setelah mencermati adanya kebijakan yang dilakukan pemerintah melalui insentif dan meminta maskapai untuk menurunkan harga tiket di beberapa jam dan rute tertentu, perseroan menyatakan siap dan akan bersikap kooperatif. Ikhsan mengaku akan segera mengkaji rute mana saja yang harganya bisa diturunkan.

"Kami memang harus menghitung terlebih dahulu. Kalau diberi waktu segitu ya memang harus bergerak cepat," ujarnya kepada SINDO, Jumat (21/6/2019).



Senada, Lion Air juga telah menyatakan siap menyesuaikan tarif tiket pesawat untuk rute-rute domestik berdasarkan kebijakan dari pemerintah. Corporate Communication Strategy Lion Air Danang Mandala mengatakan, Lion Air saat ini sedang melakukan persiapan dan proses terkait penyesuaian tarif tersebut.

“Lion Air senantiasa berupaya menghadirkan pilihan perjalanan udara berkualitas guna memudahkan mobilisasi travelers antardestinasi dengan tetap mengedepakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first),” ungkapnya.

Danang menambahkan bahwa penurunan harga jual tiket sudah dilakukan sebelumnya melalui model promo. “Diantaranya bertepatan momentum 19 tahun Lion Air. Ada penawaran tarif spesial untuk rute popular domestik,” tuturnya.

Lion Air menyatakan, harga jual tiket penerbangan merupakan implementasi penggabungan beberapa komponen menjadi kesatuan harga tiket pesawat.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution, kemarin (20/6), pemerintah menyatakan tengah menyiapkan insentif bagi maskapai penerbangan dalam negeri. Nantinya langkah ini diyakini bakal menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan low cost carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu. Pemberian fiskal ini bertujuan untuk menekan biaya operasional dari pihak maskapai, sehingga bisa meringankan beban perusahaan penerbangan. Pasalnya, biaya operasional yang tinggi membuat maskapai enggan menurunkan tarif lagi. Menurut Darmin, saat ini persiapan insentif tersebut sedang dalam tahap finalisasi dan diharapkan dalam waktu dekat bisa segera keluar.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak