Mundur dari Pilpres AS, Segini Kekayaan Joe Biden

Senin, 22 Juli 2024 - 17:33 WIB
loading...
Mundur dari Pilpres...
Segini kekayaan Joe Biden usai mengumumkan mundur dari persaingan Pemilihan Presiden AS. Kekayaan Biden berasal dari gaji presiden, real estate, pensiun dan anuitas, royalti buku, dan banyak lagi. Foto/ Dok EPA
A A A
JAKARTA - Presiden Joe Biden baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari persaingan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang bakal digelar pada November 2024, mendatang. Joe Biden merupakan Presiden ke-46 dan Presiden AS saat ini yang sudah bergelut di dunia politik sejak muda.



Biden menjadi pejabat pemerintah terpilih sejak berusia 29 tahun, ketika menjadi salah satu senator AS termuda. Biden adalah senator dari Delaware selama 36 tahun sebelum menjadi Wakil Presiden AS ke-47 dalam pemerintahan Obama, dan terpilih menjadi anggota Gedung Putih pada tahun 2020.



Presiden Biden dan ibu negara Jill Biden memiliki kekayaan bersih sekitar USD10 juta yang setara Rp161,6 miliar dengan kurs Rp16.161 per USD, menurut perkiraan oleh Forbes. Kekayaan Biden berasal dari gaji presiden, real estate, pensiun dan anuitas (semacam kontrak asuransi), royalti buku, dan banyak lagi.

Berikut pendapatan dan kekayaan bersih Presiden Biden tahun 2023.

Penghasilan Biden 2023


Presiden Biden dan Ibu Negara memperoleh sekitar USD620.000 (Rp10 miliar) sebelum pajak pada tahun 2023, menurut pengembalian pajak yang dirilis pada April 2024 oleh Gedung Putih. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari USD580.000 yang diperoleh Biden pada tahun 2022.

Presiden dan ibu negara membayar pajak penghasilan federal sekitar USD147.000 pada tahun lalu, dengan tarif pajak efektif 24% —tarif pajak efektif adalah persentase penghasilan kena pajak seseorang yang mereka bayarkan dalam pajak.

Biden menghasilkan USD400,000 per tahun saat menjadi presiden, dan ibu negara Jill Biden mendapatkan gaji tahunan sekitar USD86,000 sebagai pengajar penuh waktu di Northern Virginia Community College, tempat dia mengajar bahasa Inggris.

Pada tahun 2023, Biden juga memperoleh sekitar USD55,000 dalam bentuk tunjangan Jaminan Sosial kena pajak, USD35,000 dalam pensiun dan anuitas, dan USD39,000 dalam bunga. Keluarga Biden juga memperoleh sekitar USD4,100 dari royalti buku, yang dikumpulkan oleh perseroan terbatas (LLC) yang dimiliki pasangan tersebut

Kekayaan Bersih Biden

Ketika Biden menjabat pada tahun 2021, Ia diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD8 juta, yang sejak saat itu terus tumbuh sebesar 25% karena gajinya sebagai presiden. Ditambah adanya peningkatan pemasukan dari nilai real estat, dan efek positif dari pasar saham yang meningkatkan nilai investasinya, menurut Forbes.

Biden juga melaporkan USD20,477 untuk kegiatan amal yang diberikan kepada 17 badan amal berbeda. Termasuk di dalamnya, termasuk Yayasan Beau Biden, Program Bantuan Tragedi untuk Penyintas, dan Yayasan Ordo Persaudaraan Nasional Polisi.

Royalti

Biden pernah menghasilkan jutaan dolar dari royalti buku dan sebagai pembicara. Keluarga Biden memperoleh lebih dari USD15 juta dalam dua tahun setelah pemerintahan Obama, menurut Forbes, terutama berasalah dari kesepakatan buku dan keterlibatannya sebagai pembicara.

Selama waktu yang sama, Biden juga memperoleh lebih dari USD540.400 untuk kontribusinya di University of Pennsylvania sebagai "Profesor Praktek Kepresidenan Benjamin Franklin."

Real Estate

Selain gaji sebagai presiden dan penghasilan tambahan lainnya, sebagian besar kekayaan Biden juga berasal dari real estat. Biden memiliki dua properti di Delaware, salah satunya adalah rumah musim panas seluas hampir 5.000 kaki persegi senilai sekitar USD4,5 juta, menurut Forbes. Yang lainnya adalah properti di Wilmington, Delaware, bernilai sekitar USD2,5 juta.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)