5 Negara Eropa yang Ketergantungan Gas Rusia, 2 diantaranya Anggota NATO

Kamis, 25 Juli 2024 - 13:25 WIB
loading...
5 Negara Eropa yang...
Ini 5 negara Eropa yang masih ketergantungan dengan gas Rusia. Dua diantaranya justru anggota nato. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gas Rusia telah menjadi salah satu aspek penting untuk beberapa negara Eropa . Bahkan ada sejumlah negara yang sangat bergantung dengan pasokan gas Rusia.

Setidaknya ada lima negara Eropa yang sangat bergantung dengan gas tersebut. Meskipun beberapa di antaranya sudah mulai melepas ketergantungan, namun masih ada pula yang kesulitan.

Sebagai informasi, Rusia telah dikenal sebagai pemasok utama gas bagi negara-negara Eropa. Namun, status ini mulai menjadi masalah ketika Moskow melakukan invasi ke Ukraina pada Februari 2022.



Mengutip data Statista tentang ‘Pangsa Pasokan Gas dari Rusia di Eropa Pada 2021’, tercatat ada sejumlah negara yang sangat bergantung dengan pasokan gas Moskow. Tiga di antaranya bahkan sempat mencatatkan angka 100%.

Namun, menyusul imbauan sanksi atas invasi Kremlin ke Ukraina, konsumen gas Rusia dilanda perpecahan. Beberapa di antaranya mendukung sanksi dan mulai mencari cara agar keluar dari ketergantungan, sementara masih ada juga yang belum bisa lepas.

Lalu, siapa saja negara Eropa yang sangat bergantung dengan gas Rusia? Berikut lima teratas di antaranya.

Negara Eropa yang Sangat Bergantung dengan Gas Rusia (H2)

1. Bosnia and Herzegovina (100%)

Bosnia and Herzegovina menjadi salah satu negara Eropa yang paling bergantung dengan gas Rusia. Menurut data Statista, negara ini menjadikan Rusia sebagai satu-satunya sumber pasokan gas sejak 2019.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)