Harga Minyak Naik Tipis Imbas Tensi Iran dan Penurunan Stok AS

Jum'at, 26 Juli 2019 - 09:54 WIB
Harga Minyak Naik Tipis Imbas Tensi Iran dan Penurunan Stok AS
Harga Minyak Naik Tipis Imbas Tensi Iran dan Penurunan Stok AS
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia naik lebih tinggi pada perdagangan hari ini Jumat (25/7/2019), didorong dua faktor yakni meningkatnya ketegangan antara Barat dan Iran serta penurunan besar dalam cadangan minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Kendati demikian, kenaikan tersebut masih dibatasi karena masih adanya kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi yang dapat mengurangi permintaan bahan bakar.

Mengutip Reuters, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) mengakhiri sesi naik atau 0,25% menjadi menetap pada USD56,02 per barel, setelah sebelumnya mencapai sesi tertinggi USD56,99.

Seminggu setelah Iran menyita tanker berbendera Inggris di Teluk, Inggris telah mulai mengirim kapal perang untuk menemani semua kapal berbendera Inggris melalui Selat Hormuz, perubahan kebijakan yang diumumkan pada Kamis (25/7/2019) setelah pemerintah sebelumnya mengatakan tidak memiliki sumber daya untuk melakukannya.

AS, Inggris dan negara-negara lain bertemu di Florida pada hari Kamis untuk membahas cara melindungi pengiriman di Teluk dari Iran.

Arab Saudi sebagai pengekspor minyak utama dunia juga mendesak pembeli minyak global untuk mengamankan pengiriman energi yang melewati Selat Hormuz, di mana sekitar 20% dari pasokan global diangkut setiap hari.

Kerajaan juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pipa timur-barat sebesar 40% dalam dua tahun sehingga lebih banyak ekspor minyaknya dapat menghindari melewati Selat Hormuz, menteri energi mengatakan pada Kamis (25/7/2019).

Harga minyak dunia yang merangkak naik juga didukung oleh penurunan cadangan minyak mentah AS yang mencapai hampir 11 juta barel, jauh di atas ekspektasi analis 4 juta barel.

“Penarikan kuat hampir 11 juta barel sebagian besar berasal dari Teluk Meksiko, yang berhadapan dengan Badai Tropis Barry. Produksi AS mengalami penurunan terbesar sejak Oktober 2017, tetapi diperkirakan akan rebound kuat minggu depan,” kata analis pasar senior di OANDA di New York, Edward Moya.

"Pelemahan data ekonomi global lebih lanjut mungkin memiliki efek terbatas pada permintaan minyak mentah sebagai putaran pelonggaran berikutnya dari ECB, bersama dengan pergeseran Fed ke siklus pelonggaran, akan membantu meningkatkan perekonomian," tambahnya

Harga minyak telah berada di bawah tekanan dari kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global, di tengah tanda-tanda bahaya dari perang dagang AS-China yang menggelegar selama setahun terakhir.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6403 seconds (0.1#10.140)