Rilis Neraca Dagang, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Melemah

Kamis, 15 Agustus 2019 - 08:39 WIB
Rilis Neraca Dagang, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Melemah
Rilis Neraca Dagang, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Melemah
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (15/8/2019) pekan ini diprediksi berbalik melemah.

Pelemahan mata uang garuda akan dipicu sentimen dari pengumuman neraca perdagangan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pagi ini.

"Hari ini ada data neraca perdagangan Indonesia, kalau hasilnya defisit bisa menambah potensi pelemahan. Rupiah bisa tertekan terhadap dolar AS dengan potensi kembali ke area Rp14.300, dan support di Rp14.200," ujar Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Dia menambahkan, potensi resesi di AS berkembang kemarin karena tingkat imbal hasil obligasi jangka panjang (10 dan 30 tahun) di bawah tingkat imbal hasil obligasi jangka pendek (2 tahun) mendorong kekhawatiran pasar sehingga harga aset safe haven seperti emas dan yen Jepang menguat lagi.

"Selain itu rilisan data ekonomi dari China yaitu data produksi industri bulan Juli yang tumbuh di bawah ekspektasi pasar, dan data pertumbuhan GDP Jerman Q2 yang minus menambah kekhawatiran pasar akan potensi pelambatan ekonomi global," jelasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)