alexametrics

Rilis Neraca Dagang, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Melemah

loading...
Rilis Neraca Dagang, Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Melemah
Kurs rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis (15/8/2019) bisa tertekan dengan potensi kembali ke area Rp14.300. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (15/8/2019) pekan ini diprediksi berbalik melemah.

Pelemahan mata uang garuda akan dipicu sentimen dari pengumuman neraca perdagangan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pagi ini.

"Hari ini ada data neraca perdagangan Indonesia, kalau hasilnya defisit bisa menambah potensi pelemahan. Rupiah bisa tertekan terhadap dolar AS dengan potensi kembali ke area Rp14.300, dan support di Rp14.200," ujar Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis (15/8/2019).



Dia menambahkan, potensi resesi di AS berkembang kemarin karena tingkat imbal hasil obligasi jangka panjang (10 dan 30 tahun) di bawah tingkat imbal hasil obligasi jangka pendek (2 tahun) mendorong kekhawatiran pasar sehingga harga aset safe haven seperti emas dan yen Jepang menguat lagi.

"Selain itu rilisan data ekonomi dari China yaitu data produksi industri bulan Juli yang tumbuh di bawah ekspektasi pasar, dan data pertumbuhan GDP Jerman Q2 yang minus menambah kekhawatiran pasar akan potensi pelambatan ekonomi global," jelasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak