10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Bisa Bantu Atur Budget!

Kamis, 08 Agustus 2024 - 19:28 WIB
loading...
10 Usaha Sampingan Ibu...
(Foto: Freepik)
A A A
JAKARTA - Menjadi ibu rumah tangga bukanlah halangan untuk memiliki pendapatan sendiri. Ibu rumah tangga bisa memulai usaha sampingan di rumah selagi memanfaatkan waktu luangnya.

Penasaran seperti apa sih usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa menambah keuntungan? Inilah rekomendasinya.

1. Laundry Kiloan

Mulai usaha rumahan yang menjanjikan dengan memanfaatkan peralatan cuci dan setrika di rumah. Sebagai ibu rumah tangga, kamu hanya perlu menggunakan mesin cuci dan setrika yang sudah tersedia. Di samping itu, siapkan deterjen dan pewangi pakaian.

Jasa laundry kiloan kini banyak dicari, utamanya di area perkantoran dan perkuliahan kota-kota besar. Kesibukan yang semakin meningkat membuat banyak orang beralih menggunakan jasa laundry untuk meringankan beban kerja rumah tangga.

2. Warung

Pemanfaatan ruangan tak terpakai sebagai warung bisa menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga sederhana yang dapat menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Agar mudah ditemukan, sulap area depan rumah menjadi warung kecil-kecilan. Baik warung makan ataupun warung kopi bisa menjadi pilihan usaha rumahan yang menjanjikan.

3. Dropshipping

Adakah usaha rumahan modal kecil yang bisa dicoba oleh ibu rumah tangga? Tidak perlu modal besar, dropshipping bisa mendatangkan pemasukan tanpa proses yang rumit. Berbeda dengan reseller, seorang dropshipper tidak perlu menyediakan stok produk untuk menjalankan usahanya. Dropshipper hanya perlu mencari pemasok (supplier) barang dan mempromosikannya ke calon konsumen melalui media pilihan, termasuk media sosial.

4. Thrift Shop

Punya barang-barang yang masih bagus tapi sudah tidak dipakai? Daripada menumpuk di lemari, jual kembali agar bisa mendapatkan pemasukan. Bentuk usaha rumahan modal kecil ini disebut sebagai thrift shop atau toko barang-barang bekas yang masih layak dan berkualitas. Jika sudah mendapatkan keuntungan, ibu rumah tangga bisa mengembangkan usaha rumahan ini dengan menyiapkan stok barang yang lebih banyak lagi.

5. Les Online

Pembelajaran tidak berhenti di sekolah saja. Biasanya, anak sekolah membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Maka dari itu, ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan mengajar bisa memanfaatkan waktu senggang untuk mendapatkan pemasukan dengan membuka jasa les online. Agar dapat menjangkau calon siswa, gunakan media sosial untuk mempromosikan usaha dengan efektif.

6. Day Care

Bagi ibu rumah tangga, merawat anak sudah bukan hal yang baru. Dengan memanfaatkan keterampilan mengasuh bayi dan balita, usaha day care bisa menjadi pilihan untuk menopang ekonomi keluarga.

Usaha penitipan bayi dan balita ini dapat dijalankan di rumah sehingga tidak membutuhkan biaya sewa tempat terpisah yang cenderung mahal. Pengguna jasa day care biasanya beragam, namun yang paling utama adalah ibu rumah tangga yang merangkap menjadi wanita karier dengan kesibukan tinggi.

7. Catering

Penyediaan makanan dalam jumlah besar biasanya dibutuhkan dalam acara besar, seperti rapat dan pernikahan. Untuk memastikan semua orang mendapatkan makanan tanpa terkecuali, penyelenggara pun mengandalkan jasa catering. Makanan dalam jumlah besar bisa disediakan dalam bentuk prasmanan ataupun kotak makanan.

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini tentunya memerlukan keterampilan memasak dan modal cukup besar. Pembelian bahan baku dan peralatan-peralatan khusus untuk penyajian hidangan membutuhkan biaya yang perlu dihitung dengan tepat agar pemilik usaha tidak merugi.

8. Jasa Jahit

Terampil menjahit bisa jadi aset berharga lho. Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki kewajiban di rumah, kamu bisa memanfaatkan keterampilan menjadi sebagai usaha sampingan. Jika sudah punya mesin dan alat jahit lainnya, cukup beli benang yang sesuai dengan warna kain pelanggan.

9. Bakery

Ibu rumah tangga yang suka memasak kue bisa memanfaatkan keterampilannya untuk mendapatkan pemasukan dari usaha bakery. Toko kue rumahan yang dimulai dari nol bisa menyediakan beberapa jenis kue terlebih dahulu.

Jika sudah mulai mendapatkan pelanggan tetap dan keuntungan yang cukup, kembangkan resep lain agar menu yang ditawarkan lebih bervariasi. Gunakan strategi promosi produk baru dengan memberikan tester untuk setiap pembelian produk dengan syarat dan ketentuan tertentu.

10. Jual Tanaman Hias

Menghijaukan rumah kini menjadi hal yang banyak digemari oleh ibu rumah tangga. Namun, di sini, ibu rumah tangga bukan menjadi konsumen. Berbekal hobi merawat dedaunan hijau tersebut, ibu rumah tangga bisa memulai usaha jual tanaman hias di rumah yang dapat mendatangkan keuntungan.

Sediakan berbagai tanaman dekorasi yang memiliki nilai estetika, seperti lili paris, gelombang cinta, dan lidah mertua. Untuk menjangkau target pelanggan, bergabunglah ke forum komunitas pecinta tanaman online dan promosikan usaha jual tanaman hias kepada individu yang berminat.

Nah, itulah beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijadikan referensi untuk membantu ekonomi keluarga. Tentunya, memulai suatu usaha dari awal membutuhkan modal. Bagi ibu rumah tangga yang sudah mengambil ancang-ancang untuk memulai usaha sampingan, sebaiknya siapkan modal terlebih dahulu untuk menjamin kelancaran prosesnya.

Jika butuh modal, ibu rumah tangga bisa mengajukan pinjaman lewat gadai yang tidak memerlukan pengecekan skor kredit lewat BI Checking. Gadai emas bisa menjadi pilihan dalam hal ini. Uang pinjaman bisa didapat dengan cepat dan emas pun tersimpan dengan aman hingga pembayaran lunas.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0890 seconds (0.1#10.140)