Sukses Uji Coba, bank bjb Segera Gunakan QR Code

Minggu, 25 Agustus 2019 - 15:30 WIB
Sukses Uji Coba, bank bjb Segera Gunakan QR Code
Sukses Uji Coba, bank bjb Segera Gunakan QR Code
A A A
DENPASAR - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)segera menerapkan penggunaan Quick Response Indonesia Standar (QRIS) atau QR code. Penggunaan QR Code untuk semua instrumen pembayaran nontunai ini akan memudahkan nasabah melakukan transaksi.

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, mengatakan penggunaan ini menindaklanjuti penerbitan QRIS oleh Bank Indonesia. bank bjb telah melakukan beberapa penyesuaian sistem pembayaran nontunai menggunakan QR code. Beberapa waktu lalu, bank bjb telah berhasil melakukan uji coba untuk penggunaan 1.500 QR code secara bersamaan.

"Setelah uji coba internal berhasil, dalam waktu dekat kami akan segera meluncurkan QR code di Bandung. Metode pembayaran ini akan menjadi gerbang masuknya digitalisasi bank bjb," kata Yuddy kepada insan media di Denpasar, Bali, Minggu (25/8/2019).

Menurut dia, bank bjb telah mendapatkan izin penggunaan QR Code oleh Bank Indonesia. Walaupun, Bank Indonesia memberi waktu hingga akhir tahun 2019 bagi perbankan dan perusahaan pembayaran lainnya. Targetnya, awal 2020, seluruh sistem pembayaran di Indonesia telah terintegrasi melalui QRIS.

Penggunaan QRIS oleh bank bjb, akan memudahkan nasabah bank bjb melakukan pembayaran nontunai di merchant dan semua sistem pembayaran. QR code ini memungkinkan transaksi kecil hingga besar. Sehingga pembayaran lebih mudah dan cepat.

"Kami harapkan nasabah bank bjb mendapatkan user experience dari penggunaan QRIS ini," timpal dia.

Menurut dia, penggunaan QR code dan seluruh digitalisasi bank bjb akan meningkatkan casa rasio. Apalagi, saat ini casa rasio bank bjb masih di bawah 50%. Setelah digitalisasi ini berjalan, dia berharap rasio dana murah dibanding seluruh dana bank bjb semakin meningkat.

Direktur IT, Treasury dan International Banking bank bjb Rio Lanasier mengatakan, penggunaan QR code bank bjb telah berhasil di uji coba terhadap 1.500 transaksi secara bersamaan. Pada peluncuran nanti, akan kembali diujicobakan untuk penggunaan 3.500 transaksi.

"Dari uji coba itu, infrastruktur kami telah siap. Termasuk bagaimana user kita menggunakan secara nyaman," jelas dia.

Digitalisasi bank bjb yang sedang diupayakan rampung tahun ini, tak hanya soal penguatan sistem aplikasi, tetapi termasuk penguatan sumber daya manusia (SDM) dan lainnya.

"Kontribusi efisiensi digitalisasi akan terasa. Misalnya dari sisi pekerjaan, bisa efisiensi hingga 70%. Bila sebelumnya oleh SDM, nanti secara sistem," imbuh dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7876 seconds (0.1#10.140)