Negara Baru Siap Dikukuhkan di KTT BRICS Rusia 2024, Ada Indonesia?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 07:24 WIB
loading...
Negara Baru Siap Dikukuhkan...
Negara-negara baru akan dikukuhkan keanggotaannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Rusia 2024. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara baru akan dikukuhkan keanggotaannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Rusia 2024. Mereka bergabung akan memperkuat aliansi ini bersama-sama mencampakkan dolar AS.

Blok ini siap menyambut empat negara ke dalam keanggotaannya. Selama KTT BRICS 2023 aliansi ini telah tumbuh pertama kalinya lebih dari dua dekade.

Negara-negara tersebut termasuk Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Iran dan Ethiopia. Meskipun kelompok ini telah melihat adanya perbedaan dalam hal pertumbuhan lebih lanjut, tidak dapat disangkal adanya minat dari negara-negara di seluruh dunia.



Blok BRICS telah berkembang secara besar-besaran dalam dua tahun terakhir. Blok ini telah menjadi surga bagi negara-negara yang menginginkan perubahan dalam ekonomi global.

Ketergantungan pada Barat telah menciptakan perpecahan yang mencolok. Untuk kolektif ekonomi, multipolaritas adalah satu-satunya jalan ke depan.

Hal ini telah menarik minat besar dari berbagai negara. Blok BRICS kini telah melihat sebuah negara baru yang ingin bergabung dengan aliansi ini dan kemungkinan besar akan mengadopsi rencana dedolarisasi. Serbia baru-baru ini bertemu dengan para pejabat Rusia untuk mendiskusikan kemungkinan bergabung.

Sebuah laporan baru mengatakan bahwa Wakil Perdana Menteri Serbia Aleksander Vulin bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Keduanya berbicara mengenai kerja sama BRICS dari Beograd.

Selain itu, mereka bersandar pada kemitraan kedua belah pihak yang telah berlangsung selama berabad-abad sebagai dasar keikutsertaan Serbia.

"Kedua pemimpin tersebut mendiskusikan model-model dan mekanisme untuk membangun kerja sama antara Serbia dan BRICS," kata laporan tersebut dilansir dari WatcherGuru, Jumat (16/8/2024).



Selain itu, negara ini mengapresiasi atas kolaborasi yang berkelanjutan. Peningkatan partisipasi kemungkinan akan membuat negara ini meninggalkan dolar AS dengan cara yang vital. Hal ini telah lama menjadi inisiatif yang telah dirangkul oleh BRICS. Rusia mengesahkan undang-undang yang melegalkan mata uang untuk penyelesaian perdagangan sebagai upaya meningkatkan potensi mitra dagang.

Serbia bergabung dengan daftar negara-negara yang tertarik bergabung secara kolektif. Negara-negara seperti Nigeria, Malaysia, dan Thailand juga telah mengajukan permohonan untuk bergabung. Geopolitik dunia saat ini sedang menatap bulan Oktober. KTT BRICS 2024 dapat menjadi KTT yang sangat penting bagi pertumbuhan blok ini.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)