Indonesia Underwriting Summit 2024, Peruji Tekankan Pentingnya Kolaborasi

Kamis, 15 Agustus 2024 - 16:26 WIB
loading...
Indonesia Underwriting...
Peruji menggelar acara Indonesia Underwriting Summit 2024 di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Kota Bandung, Kamis (15/8/2024). FOTO/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Perkumpulan Underwriter Jiwa Indonesia (Peruji) menggelar acara Indonesia Underwriting Summit 2024 di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Kota Bandung, Kamis (15/8/2024).

Ketua Umum Peruj, Radix Yunanto mengatakan, dalam penyelenggaraan summit yang kelima ini, pihaknya mengambil tema kolaborasi.

"Jadi kita melakukan kolaborasi seperti tadi yang disampaikan oleh Pak Iwan Pasila (OJK) bahwa perlunya kolaborasi antara unit-unit yang berada dalam satu sircum perusahaan asuransi jiwa itu sendiri," ucap Radix.

Baca Juga: Penonton Senang Saksikan LMAC Super Hitz Fest 2024 Dapat Asuransi Jiwa

Radix mengatakan, pihaknya pun sudah merencanakan untuk menjalin kolaborasi dengan perusahaan asuransi dalam satu proses penerimaan bisnis asuransi jiwa.

"Supaya tidak ada saling salah menyalahkan, jadi semuanya itu dalam satu jalan yang sama, satu arah yang sama, bisa menentukan asumsi bareng-bareng. Sehingga pada gilirannya itu bisa membangun industri ini menjadi lebih baik," ungkapnya.

Radix mengaku cukup terkejut dengan antusias peserta yang hadir dalam acara Indonesia Underwriting Summit 2024 ini. Diketahui, acara ini pun turut dihadiri Direktur Operasional PT MNC Life Assurance, Eka Permana.

"Untuk kali ini kami agak surprise yah. Tadinya kami hanya menargetkan sekitar 150 orang, tapi untuk pendaftar sendiri mencapai lebih dari 200 orang. Jadi kalau ditotal dengan tim-tim semuanya, yang hadir hari ini sekitar 250 orang," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya pun menyambut positif saran-saran yang disampaikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami sangat menampung positif saran-saran dari OJK tadi. Dan kita memang sudah planning bahwa untuk tahun ini kami dengan Clean dan tahun depan kita dengan Aktuaria," katanya.

"Selain itu kami juga sudah menandatangani MoU dengan AAMAI tujuannya untuk meningkatkan kualitas underwriter itu sendiri," lanjutnya.

Baca Juga: Nonton LMAC Super Hitz Fest 2024, Pengunjung Akui Nyaman Beli Tiket Bonus Asuransi Jiwa

Disinggung soal masih adanya masyarakat yang meragukan perusahaan asuransi, Radix mengatakan jika hal tersebut menjadi bagian dari tugasnya untuk terus mensosialisasikan keberadaan asuransi ini.

"Tapi saya kira, kita sudah mulai berjalan dengan baik, kemarin itu ada pemaparan dari Dirut BPJS, dengan kesuksesan BPJS itu di dalam memberikan jaminan kepastian pertanggungan, itu saya rasa menjadi satu termin yang positif bagi industri asuransi," jelasnya.

"Akhirnya kita semua akan sadar nantinya, oh ternyata dengan adanya BPJS, dengan adanya asuransi, dengan BPJS yang semakin baik hari ini, ternyata asuransi itu memang dibutuhkan, sehingga nanti meningkatkan kesadaran," tambahnya.

Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih kepada BPJS yang juga ikut berperan dalam menyosialisasikan pentingnya asuransi bagi masyarakat.

"Karena BPJS inilah dengan progres yang semakin membaik itu akan memicu orang 'wah kalau BPJS kan batasannya sekian, kalau mau lebih kemana?', ya larinya ke asuransi komersial," ungkapnya.

"Saya kira itulah sekarang, jadi itu masalah edukasi dan memang itu jadi tanggung jawab kita bersama para perusahaan asuransi, bagaimana kita mengedukasi masyarakat ini supaya asuransi jiwanya ada," tandasnya.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)