Usai Didorong Saham Berkapitalisasi Besar, IHSG Hari Ini Rawan Profit Taking

Selasa, 20 Agustus 2024 - 06:29 WIB
loading...
Usai Didorong Saham...
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan profit taking pada perdagangan Selasa (20/8/2024) usai kemarin di dorong oleh penguatan harga saham-saham bank berkapitalisasi besar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) rawan profit taking pada perdagangan Selasa (20/8/2024). Sebelumnya, IHSG menguat signifikan di akhir perdagangan awal pekan kemarin di dorong oleh penguatan harga saham- saham bank berkapitalisasi besar.

"Secara teknikal, Stochastic RSI berada di overbought area yang membuat IHSG rawan profit taking. Waspadai potensi sell-on news," kata Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan dalam risetnya hari ini.



Di samping itu, antisipasi pemangkasan The Fed Rate mendorong berlanjutnya penguatan nilai tukar Rupiah ke Rp15.545 per USD di Senin (19/8) sore. Dari dalam negeri, pasar mengharapkan dovish tone dari Bank Indonesia (BI) pasca Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Rabu (21/8) pekan ini. Bahkan, spekulasi pemangkasan suku bunga acuan BI sebesar 25 bps dalam RDG tersebut mulai mencuat.

Masih dari domestik, lanjut Valdy, Indeks Harga Properti di Indonesia tumbuh sedikit lebih lambat di 1,76% di kuartal II 2024 vs 1,89% di kuartal I 2024. Kondisi tersebut relatif lebih lambat dari rata-rata pertumbuhan tahun 2023.

"Sisi positif dari kondisi tersebut adalah potensi akselerasi penjualan properti di semester dua 2024, khususnya kuartal IV 204 sejalan dengan ekspektasi pelonggaran kebijakan moneter BI di periode tersebut," ujar Valdy.



Sejumlah saham direkomendasikan hari ini yaitu PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Bank Jago Tbk (ARTO) dan PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB).
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)